Motor

Mazda Kotak Sabun Membuat PKC Makin Eksis Di Dunia Custom

BEKASI. Puspa Kediri Custom (PKC) nama ini kerap kali bikin penasaran, pasalnya belakangan ini nama PKC santer hadir ke permukaan pecinta otomotif roda dua. Selain doyan naik panggung ajang kontes custom, belum lama ini PKC juga sempat disambangi salah satu Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri untuk meninjau karya karyanya.

Sedikit sejarah tentang PKC, ternyata nama Puspa Kediri Custom diambil dari nama anak sang owner (Puspa) dan kota asal (Kediri). Aris nama builder dari PKC yang mengawali karirnya sebagai ahli bubut di salah satu bengkel, perkenalannya dengan Aya membuat nama PKC hadir ke tengah tengan industri kreatif motor custom. Diawal karyanya PKC langsung membuat gebrakan yang cukup di luar nalar, pasalnya mesin mobil Mazda kotak sabun dikawinkan dengan sasi BMW.

“Terbentuknya PKC itu pada tahun 2006, kalau tidak salah setelah piala dunia. Mesin mobil Mazda atau biasa dikenal kotak sabun menjadi awal motor custom kami, dengan menggunakan sasis BMW, sayangnya motornya sudah tidak ada,” buka Aris.

Semakin dikenal dalam dunia custom membuat PKC harus menambah personil, dan kini PKC diperkuat oleh 4 personil dengan berbagai ahli diantaranya Aya (owner), Aris (builder), Agus dan Wahyu (painting). Untuk soal karya PKC sudah sering naik podium untuk mendapat penghargaan mulai dari skala Nasional dan Internasional.

“Sekarang sudah ada 4 orang, semua pengerjaan bisa dilakukan mulai dari pembuatan rangka, tangki, cat, dan lainnya, tetapi untuk knalpot dan pelek masih order dari luar, bukan karena tidak bisa tetapi karena tidak terpegang,” tambah Aris. Jerih payah yang sudah dilakukan membuat PKC sering kebanjiran order dari pecinta custom.

Secara hasil karya PKC sering mendapat pujian, pasalnya personil PKC termasuk Aris selaku builder sangat memperhatikan detail kerapihan dan kenyamanan untuk pengendara. “Sebelum diambil konsumen dan turun dalam kontes, kerapihan motor dan kenyamanan dalam berkendara sudah menjadi yang utama bagi kami.” cerita Aris.

Lebih lanjut Aris menjelaskan sistem order untuk pecinta custom, tahap awal konsumen akan diajak membicarakan konsep motor yang akan dibuat, ketika konsumen ingin melakukan custom mereka harus menyempatkan waktu untuk menyesuaikan tinggi setang dan posisi duduk sebelum masuk tahap berikutnya. “Ini menjadi kesulitan ketika mendapatkan kenyamanan, harus menyesuaikan waktu konsumen. Karena tidak bisa melalui HP atau alat komunikasi lainnya,”

Konsep broadtracker dan chopper menjadi suatu keahlian yang disukai oleh Aris selaku builder. Namun, konsep lainnya juga sering digarapnya. Dengan SDM yang mumpuni, beberapa konsumen dari PKC juga dari bengkel-bengkel custom lainnya loh.

“Motor Jepang atau Eropa kami terima, biasanya waktu pengerjaan cukup lama sekitar 2-3 bulan tergantuk antrian juga. Harga pastinya relatif tergantung customnya seperti apa. Berhubung adanya SDM, jadi kami bisa membuat dengan cara handmade. Selain itu, kalaupun ada keluhan juga bisa ditangani secara langsung,” pungkas Aris.

Untuk kalian yang ingin melakukan custom bisa langsung meluncur ke PKC yang beralamat di Jl. Rambutan No. 54, RT/RW 9/11, Desa Jati Mekar, Kecamatan Jati Asih, Bekasi Selatan. Telepon: 08129456826 / 08113737377. [Arbi Darmawan]

Tinggalkan Balasan