Motor

Wih Ada Motor Gunakan Mesin VW di Jogja Volkswagen Festival 2017

Ada kejutan yang berbeda saat berlangsungnya Jogja Volkswagen Festival 2017 (JVWF), Sabtu (18/11). Ternyata ada sebuah sepedamotor bermesin VW hasil karya Retro Classic Cycles yaitu Volkswagen Motorcycles.

Biasanya kan Retro Classic Cycles selama ini dekat dengan dunia kustom motor, melalui JVWF 2017, Lulut Wahyudi sang owner sekaligus buildernya menyodorkan sesuatu yang lain.

Lulut melakukan rekasaya motor custom dengan mengandalkan mesin VW yang dilakukan bersama tim RCC. Volkswagen Motorcycles, karya terbaru Retro Classic Cycles  mengandalkan mesin VW 1600 dual port, diracik frame DOM tubing 1,25 dan 1,5 inci serta sudut rake 30 derajat  untuk bisa mendudukkannya dengan mempertimbangkan akurasi antara dimensi dan bobot mesin untuk menjadi sumber tenaganya.

Selain itu ada ubahan pada sistem transmisi karena dibuat pengoperasiannya seperti mengendarai motor pada umumnya. Seperti perubahan mekanisme kopling yang dipindahkan ke bagian setang secara hidraulic agar bisa dioperasikan layaknya motor.

Pengerjaan motor ini sendiri terbilang panjang begitu juga halnya dengan transmisi yang ditempatkan di kaki dengan mekanis khusus sebanyak 4-speed.

“Motor ini saya persembahkan untuk dunia kustom kulture Indonesia dengan memanfaatkan kesukaan saya terhadap VW untuk selanjutnya dibuatkan dalam sosok motor kustom. Semua rancangan frame hingga modifikasi bagian transmisi kami kerjakan di bengkel dengan berbagai akurasi yang tetap bertujuan agar tetap nyaman dikendarai,” jelas Lulut di Jogja.

Dengan menonjolkan craftmanshift, semua bagian bodi terbuat dari bahan aluminium dikombinasikan warna Red Flat untuk konstruksi frame serta aksen artwork berupa pinstriping dan lettering karya Danny Hacka.

“Kita ingin membuktikan melalui Volkswagen Motorcycles ini, bahwa sebuah karya lahir dari pemikiran dan proses hasil sumber daya yang dimiliki Indonesia. Bagaimana melahirkan karya yang tidak biasa berdasarkan pengalaman dan dedikasi terhadap dunia otomotif Indonesia. Mari kita membangun dengan karya,” tambah Lulut.

Untuk menjaga performa saat dikendarai, Volkswagen Motorcycles, karya anyar Retro Classic Cycles ditopang fork depan teleskopik 41mm hardchrome dari Mid USA serta bagian belakang Ohlins adjustable.

Volkswagen Motorcycles Built in Hell by retro Classic Cycles dikerjakan dalam waktu singkat hanya dalam tempo kurang lebih sebulan. Pengerjaannya pun dilakukan saat LT, sapaan akrabnya baru saja menyelesaikan iconic bike untuk Suryanation serta persiapan Indonesian Attack yang berisikan para builder Indonesia ke ajang Yokohama Hot Rod Custom Show , 3 Desember 2017 di Jepang.

 

“VOLKSWAGEN MOTORCYCLES”

Built in hell by Retro Classic Cycles

Frame:

Frame: DOM tubing 1,25 inch and 1,5 inch, 30 degree rake, design and fabrication by Retro Classic Cycles.

Engine:

Engine: Volkswagen 1600cc dual port.

Distributor: Flame Thrower Billet distributor.

Spark plug cables: Red color from Flame Thrower.

Coil: High output coil, Chrome, from Flame Thrower.

Charging system: VW Heritage dinamo.

Carburetor: Solex P-40 dual carburetors from Scat Inc.

Exhaust: 4 in 2, fully stainless steel, design & fabrication by Retro Classic Cycles.

Oil cooler: take off from Porsche 914

Transmission:

Transmission : 4 speed, Bus.

Transmission gear shifter: Foot shifter, selector gear special made by Retro Classic Cycles.

Transaxle: spool by Retro Classic Cycles.

Final ratio: low ratio gear chain drive, Retro Classic Cycles.

Body:

Gas tank: kustom aluminum gas tank, 4 gallons by Retro Classic Cycles.

Fuel Petcock: Custom Chrome Inc.

Front fender: None

Rear fender: None

Battery cover: Aluminum round by Retro Classic Cycles.

Side covers: Aluminum curved by Retro Classic Cycles.

Suspension:

Front suspension: telescopic 41mm, hard chrome from Mid USA.

Rear suspension: Ohlins suspension adjustable.

Control System:

Handlebar: Sport bar, by Retro Classic Cycles.

Hand control: Take off from Harley Davidson.

Foot control: Kustom forwarder control, design & fabrication by Retro Classic Cycles.

Clutch mechanism: Hydraulic clutch system by hand lever, design and fabrication by Retro Classic Cycles

Wheels & Tires:

Front wheel: 16″ x 3,5 inch, Aluminum alloy

Front tires: AVON Speedmaster MK II , 5.00 x 16

Rear Wheel: 16″ x 3,5 inch, Aluminum alloy

Rear Tires: AVON Speedmaster MK II , 5.00 x 16

Brake System

Front brake: Full floating rotor – dual piston caliper.

Rear brake: Full floating rotor – dual piston caliper.

Electrical:

Head light: 5 3/4 chrome.

Tail light: None.

Battery: Maintenance free – Toyo.

Wiring system: Design & build by Retro Classic Cycles.

Painting:

Color: Red flat

Painter: ONPS (over night painting service) by Retro Classic Cycles

Pinstriping & lettering : Dany Hacka

Seat:

Single seat cafe racer style

Tinggalkan Balasan