Mobil, News

5 Kota di Dunia yang Melarang Penggunaan Mobil Pribadi

Menggunakan alasan tingkat kualitas udara yang semakin memburuk, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana mengeluarkan kebijakan terkait transportasi darat di kota ini.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melalui Instruksi Gubernur (InGub) DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara, bakal melarang penggunaan kendaraan pribadi di Jakarta yang berusia di atas 10 tahun.

Rencananya aturan ini akan diterapkan pada 2025 dan Anies akan melakukan koordinasi dengan Pemerintahan Kota (Pemkot) sekitar kota Jakarta.

Jauh sebelum Jakarta memberlakukan larangan penggunaan mobil pribadi, ternyata ada beberapa kota besar di dunia yang juga telah menetapkan kebijakan yang sama.

Berikut lima kota besar di dunia yang memberlakukan larangan penggunaan mobil pribadi :

Larangan Penggunaan Mobil Pribadi

1. London

Mulai Oktober 2018 silam, pemerintah Inggris telah menetapkan jika London menjadi zona pejalan kaki. Langkah ini untuk mengurai lalu lintas yang begitu padat di pusat kota tersebut.

Pada tahap awal, London melarang mobil pribadi, taksi, dan bus masuk ke area tersebut. Namun mulai April 2019, semua kendaraan pribadi yang bermesin juga dilarang masuk, kecuali membayar sejumlah tiket.

Baca juga

Larangan Penggunaan Mobil Pribadi

2. Kopenhagen

Kota di Denmark ini menerapkan sistem infrastruktur yang seakan dibuat untuk “menyingkirkan” para pengguna kendaraan pribadi. Lajur jalan raya dipersempit, gantinya dibuat pedestrian.

Zona khusus pejalan kaki dan pesepeda pun dibuat prioritas. Hasilnya, masyarakat di kota itu malas untuk memiliki mobil pribadi.

Larangan Penggunaan Mobil Pribadi

3. Brussels

Brussels adalah surga bagi pejalan kaki dan pesepeda setelah Kopenhagen. Para pengguna jalan tidak akan takut untuk berjalan kaki dari satu distrik ke distrik yang lainnya di pusat kota.

Karena sejak lama, kota ini telah menerapkan larangan bagi mobil memasuki kota Brussels. Dan mulai 2018 lalu, Brussels juga melarang mobil diesel produksi sebelum 1998 masuk ke wilayah kota.

Larangan Penggunaan Mobil Pribadi

4. Paris

Ibukota Perancis ini pernah ditetapkan sebagai kota dengan kualitas udara terburuk kedua dari 13 kota di Eropa. Namun tak butuh waktu lama, kini Walikota Paris sudah menetapkan mobil dengan usia produksi di bawah 1997 boleh melintas hanya pada jam-jam tertentu.

Nantinya mulai 2020, Paris juga akan menetapkan skala prioritas untuk kendaraan listrik memasuki kota.

Baca juga

AHASS Lagi-Lagi Dapet Penghargaan Layanan Terbaik

Waduh, Mobil Tua Bakal Disikut dari Jakarta

Larangan Penggunaan Mobil Pribadi

5. Madrid

Kota terkenal di Spanyol ini telah berencana untuk menghapus populasi mobil mulai 2020. Walikota Madrid teah berjanji jika kotanya akan berubah jadi area pejalan kaki dan pesepeda.

Hanya kendaraan umum massal saja seperti bus, kereta, dan taksi yang boleh melintas.

Nah bagaimana dengan Jakarta Sob? Kira-kira berhasil gak ya dengan adanya larangan penggunaan mobil pribadi usia lebih dari 10 tahun mulai 2025 nanti?

Related Posts

Tinggalkan Balasan