Motor, News

Tenang Aja, Aturan Ganjil-Genap Pada Motor Masih Lama

Beredar kabar bahwa untuk mengurangi emisi di DKI Jakarta, metode pelat nomor ganjil-genap (GaGen) akan diterapkan pada motor.

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyatakan pemberlakuan kebijakan gagen untuk sepeda motor di wilayah ibukota masih belum dapat dipastikan waktunya.

“Mengenai pemberlakukan aturan ganjil dan genap untuk sepeda motor di Jakarta masih belum bisa dipastikan waktunya, karena aturan tersebut masih harus dikaji dulu sebelum betul-betul diterapkan,” kata Kepala Dishub DKI Andri Yansyah di Jakarta.

Andri mengatakan bahwa terapan aturan ganjil-genap pada motor masih harus melewati proses kajian yang cukup panjang, mulai dari pembahasan hingga uji coba.

Saat ini, sambungnya, aturan tersebut masih dikaji oleh Dishub DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya.

“Masih ada proses-proses lain yang harus dilalui. Makanya tenang saja, waktunya juga belum bisa dipastikan,” ujarnya.

Baca juga

Salah Satu Solusi Kemacetan

Selain untuk mengurangi dampak emisi, gagasan mengenai penerapan aturan ganjil-genap untuk motor tercetus ketika berlangsungnya acara forum lalu lintas di Polda Metro Jaya terkait kemacetan lalu lintas yang terus terjadi di Jakarta.

Meskipun demikian, apabila aturan itu benar-benar diberlakukan, maka pembatasan penggunaan sepeda motor dengan aturan ganjil-genap akan diterapkan di kawasan yang memang sudah diberlakukan aturan tersebut untuk mobil.

Pihak terkait juga harus matang menerapkan aturan itu, seperti membuat marka, rambu-rambu, dan tentunya petugas.

“Kalau sudah siap, kami harus lakukan sosialisasi dulu, kemudian dilakukan uji coba. Masih panjang prosesnya,” pungkas Andri.

Gimana menurut Kawan Parjo?

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan