Motor, Tips

Pilihan Moge yang Pas untuk Bikers Mungil

Motor gede atau biasa disebut moge, memang memiliki bodi dan mesin besar (umumnya di atas 500 cc). Oleh karena itu, agar lebih nyaman menahan beratnya, motor jenis ini lebih cocok digunakan oleh orang bertubuh tinggi besar.

Lalu, bagaimana dengan Kawan Parjo yang berpostur relatif sedang bahkan kecil? Apakah orang bertinggi sekitar 155-160 cm bisa juga mengendarai moge?

Jawabnya bisa, karena bagi beberapa pengguna motor, seharusnya sudah bisa mengukur tingkat kemampuan atau skull-nya ketika mereka memutuskan membeli moge.

Bahkan manufaktur atau pabrik motor juga merancang kok beberapa moge yang cocok untuk digunakan oleh bikersyang berukuran tubuh kecil.

Berikut di antaranya

Honda CB dan CBR Series

Pertama, dengan tinggi jok rata-rata 78 cm, produk Honda CBR dengan varian mesin 500cc, seperti CB500FCB500X, dan CBR500R cocok untuk digunakan untuk pengendara yang posturnya tak terlalu tinggi dan besar.

Lagipula, motor seharga  Rp133,2 juta hingga Rp147,3 juta itu relatih mudah didapat karena tersedia di berbagai dealer Astra Honda Motor (AHM) di Indonesia, terutama dealer kategori Big Bike.

Baca juga

Honda CMX500 Rebel

Jika kamu menyukai moge ala motor penjelajah atau cruiser. Ada model yang dapat dipilih, yakni Honda CMX500 Rebel.

Rebel adalah motor cruiser bergaya bobber yang mulai diproduksi pabrikan Jepang itu pada 1985. Versi terbaru motor ini telah dijual di Indonesia sejak Maret lalu dengan harga Rp147.387.500 OTR DKI Jakarta.

Sama seperti CB, Rebel juga nyaman dikendarai orang bertubuh relatif pendek karena jarak jok ke tanah hanya 690 mm. Posisi sasis turbular dan model tangki yang ramping, juga membuat pengendara bakal mantap menjepit bodi Rebel dengan kedua kaki yang menyelonjor.

H-D Street 500

Nah, kalau H-D Street 500 memang diciptakan Harley-Davidson (H-D) untuk mengarungi jalanan perkotaan. Oleh karena itu moge ini dibuat lebih ramping dan jarak jok ke tanah maksimal 71 cm, saat tidak membawa beban.

Moge bermesin 494cc VROD 60 derajat 4 valve dengan transmisi 6-speedini bobotnya 233 kg bersih, relatif ringan untuk orang Indonesia. Bodinya cukup ringan dan posisi pengendaliannya pas untuk pengendara Indonesia.

Di Indonesia, Street 500 dihargai Rp214 juta off the road Jakarta.

Baca juga

Kawasaki Z650

Selanjutnya ada Kawasaki Z650. Motor pengganti seri ER-6N ini juga merupakan moge yang ramah untuk pemotor bertubuh mungil.

Dibekali mesin injeksi 649cc, 2 silinder, motor ini mampu menyemburkan tenaga 69 hp. Mesin Z650 juga telah diatur ulang agar gas punya respons lebih halus, torsi lebih besar pada putaran rendah hingga menengah, dan lebih ekonomis.

Bobot motor 185 kg dan tinggi jok 79 cm membuat motor sport berharga Rp159,9 juta (OTR Jabodetabek) ini nyaman untuk dikendarai mereka yang tidak bertubuh besar.

Suzuki GSX-R1000

Akan tetapi jika kamu bertubuh kecil namun ingin memiliki supersport, mungkin hanya Suzuki GSX-R1000 yang relatif cocok, karena jarak jok ke tanah relatif pendek, yaitu 113 cm.

Selain itu, ground clearance GSX-R1000 pun seperti beberapa supersport lainnya, bisa direndahkan dengan memasang set lowering kit (pemendek suspensi).

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan