Mobil, News

Konsep Peugeot 3008 Bergaya Petualang, Pas Buat Touring

Adalah Peugeot yang mengubah tampilan SUV 3008  menjadi bergaya petualang, alias off-road. Sayangnya, ini sebatas mobil konsep yang masih digodok pabrikan asal Prancis itu.

Meski begitu, mobil tersebut sudah dijajal kemampuannya di jalur utara Ho Chi Minh, Vietnam.

SUV yang pada versi standarnya lebih akrab dengan lintasan perkotaan itu ternyata mampu melibas trek cukup ekstrem.

Baca juga

Modifikasi dari Versi Standar

Ditulis pada keterangan resminya, varian anyar ini menggunakan mesin PureTech GT Line dengan mesin 1,6 liter turbo. Selain itu, Peugeot melengkapinya dengan beberapa aksesori yang pendukung.

Peleknya pun diubah menjadi model baja berukuran 17 inci, yang dibalut ban khusus offroad Cooper AT3. Ada juga perlindungan bagian bawah mobil dengan lempengan front skid plate.

Sementara pada bagian atas, ada roof rack aluminium buatan Rival. Kompartemen ini dimanfaatkan untuk menempelkan lampu LED yang membantu menerangi area depan mobil, ketika membelah jalur gelap, seperti hutan.

Roof rack tadi juga dimanfaatkan untuk mengangkut tenda atap buatan ARB Simpson yang simple dan kompak. Artinya, pemilik kendaraan bisa berkemah di atas 3008 di mana saja.

Pada bagian bekalang mobil diberikan pengait yang berguna untuk menggantung sepeda gunung jika memang dibutuhkan.

Baca juga

Spesifikasi dan Teknologi

Untuk mesin dan sistem penggerak roda, nampaknya tak terlalu banyak ubahan. Mesin itu masih menghasilkan tenaga 180 PS dan torsi 250 Nm yang disalurkan transmisi otomatis 8-speed, lengkap dengan front wheel drive, yang diperkuat Advanced Grip Control (AGC).

AGC merupakan teknologi yang memungkinkan mobil mampu melahap medan berat layaknya penggerak 4×4. Ini tentunya memberikan kebebasan bagi pengemudi untuk menentukan ketika akan melibas jalan.

Ada 5 pilihan pada fitur tersebut, yakni normal, salju, pasir, lumpur, dan ESP off. Fitur ini bekerja dengan membaca kondisi kedua ban depan yang secara otomatis akan memberikan tenaga ke roda, atau mengurangi tenaga ketika ban selip.

Related Posts

Tinggalkan Balasan