Mobil, Motor, News

Data Kendaraan Bakal Hilang Jika STNK 2 Tahun Tak Diperpanjang

STNK mati

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memasang target terkait penghapusan data kendaraan jika pemilik kendaraan tersebut tidak memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dua tahun berturut-turut.

Rencananya kebijakan tersebut akan direalisasikan mulai tahun ini dan berlaku secara Nasional, baik untuk pemilik sepeda motor maupun pemilik mobil.

Seperti dikutip dari Kompas.com, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Refdi Andri, mengatakan bahwa secara aturan sudah jelas karena tertuang dalan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 74 dan Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 Pasal 110.

STNK mati

“Karena banyak kendaraan yang sudah rusak atau tidak dapat digunakan sekaligus mengingatkan pemilik kendaraan untuk melakukan kewajibannya, seperti membayar pajak, sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas, dan lainnya,” ujar Refdi.

Kini Dir Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Halim Pagarra kembali menegaskan hal tersebut. “Kita sedang mempersiapkan waktunya dan sedang mempersiapkan semuanya,” ucap Halim.

Baca juga

Akan Diberi Surat Peringatan

Jika STNK tidak diperpanjang selama dua tahun berturut-turut, maka akan ada prosedur penghapusan data kendaraan.

Yaitu pada tiga bulan sebelum berakhirnya waktu dua tahun tersebut, pemilik kendaraan akan dikirim surat peringatan pertama untuk melakukan registrasi ulang.

STNK mati

Namun apabila surat peringatan pertama tidak ditanggapi, pihak kepolisian akan memberikan surat peringatan kedua yang memiliki jangka waktu saru bulan.

Tetapi apabila surat peringatan kedua tidak ditanggapi juga maka akan diberikan surat peringatan ketiga, dna data kendaraan akan amsuk dalam daftar penghapusan sementara.

Related Posts

Tinggalkan Balasan