Motor, Tips

Mengenal Ragam Sistem Rem ABS untuk Motor

Tentunya Kawan Parjo sudah tau bahwa rem dengan teknologi anti-lock braking system  atau ABS, saat ini mulai banyak digunakan di sepeda motor, termasuk motor bermesin kecil yang beredar di Indonesia.

Meski begitu, teknologi ini awalnya banyak digunakan pada motor-motor berkapasitas mesin besar, semisal 400cc ke atas.

Sistem pengereman ini diciptakan memang untuk mencegah roda mengunci saat di rem mendadak atau ketika roda berjalan di permukaan jalan yang licin.

Dengan teknologi ini, maka tekanan hidrolik pada sistem pengereman dapat diatur sedemikian rupa, sehingga pengendara masih dapat mengontrol kemudi motor.

Baca juga

Ada Berapa Jenis Rem ABS?

Saat ini pengembangan rem ABS terus ditingkatkan eiring semakin dibutuhkannya fitur tersebut pada semua jenis motor.

Karenanya, rem ABS dibuat dalam 3 jenis yang bakal dipasang [ada motor sesuai peruntukkannya serta besaran kapasitas mesinnya.

Secara umum, ada 3 jenis sistem pengereman ABS, yakni; ABS tiga channel, ABS dua channel, dan ABS satu channel.

Baca juga

Rem ABS tiga channel merupakan kombinasi antara fitur ABS dan CBS (combi brake system). Umumnya sistem pengereman ini diaplikasikan pada motor berkapasitas besar.

Dan yang terakhir adalah ABS satu channel yang umumnya terpasang pada sistem pengereman roda depan. Umumnya, motor-motor yang menggunakan mekanisme ini adalah skutik-skutik premium dengan kapasitas mesin 150cc, Honda PCX 150 misalnya.
Nah kawan, demikian penjabaran soal sistem pengereman ABS motor sesuai peruntukkannya. Tinggal pilih deh, dan disesuaikan dengan kebutuhan harian Kawan parjo.

Related Posts

Tinggalkan Balasan