Mobil, Motor, News

Gubernur DKI Jakarta Luncurkan Aplikasi E-Uji Emisi

aplikasi e-uji emisi

Pemerintah Provisi DKI Jakarta, melalui Gubernur Anies Baswedan meluncurkan aplikasi e-uji emisi. Aplikasi untuk gadget bersistem operasi Andorid itu menampilkan hasil uji emisi pada semua kendaraan yang beredar di Jakarta.

Menurut Anies, dengan apilasi online ini, para pemilik kendaraan nantinya bisa mengetahui status uji emisi kendaraanya. Selain itu akan didapat data base mengenai hasil uji emisi setiap kendaraan di Jakarta untuk menetapkan kebijakan yang lainnya.

“Aplikasi ini akan membuat pemilik kendaraan bisa memiliki datanya secara akurat tentang, satu, di mana melakukan uji emisi dan yang kedua, setelah melakukan uji emisi, datanya akan tersimpan melalui aplikasinya dia dan data aplikasinya,” kata Anies seperti dikutip dari CNNIndonesia.

aplikasi e-uji emisi

Baca juga

Perberat Tarif Parkir dan Pajak

Data hasil uji emisi tersebut, kata Anies, nantinya akan digunakan untuk menetapkan kebijakan lalu lintas lainnya, seperti tarif parkir dan pajak kendaraan.

Misalnya ketika sebuah kendaraan yang tidak lolos uji emisi dan diketahui melalui plat nomor kendaraannya sedang terparkir di satu tempat, maka tarif parkir untuk kendaran itu akan lebih mahal.

Kemudian untuk kendaraan yang tidak lolos uji emisi, maka saat akan memperpanjang pajak tahunan juga akan dibebankan biaya tambahan.

“Bila belum lolos uji emisi juga kesulitan untuk membayar pajak dan perpanjang,” tegas dia.

Anies berharap, dengan kebijakan ini termasuk keberadaan aplikasi e-uji emisi akan membantu meningkatkan kualitas udara di DKI Jakarta.

“Kita berharap bisa mempercepat peningkatan kualitas mutu udara kita, kita perbaiki kualitas emisi kendaraan bermotor. Perbaikinya tidak bisa sendiri. Pemerintah menyiapkan perangkat hukumnya, insentif disinsentifnya, dan harus kita kerjakan sama-sama,” tutup Anies.

Related Posts

Tinggalkan Balasan