Mobil, Tips

5 Perawatan Mobil Berkala yang Harus Diperhatikan

Agar mobil dapat selalu dalam kondisi prima dan siap kapan saja untuk digunakan, maka penting buat kalian untuk mengetahui cara perawatan mobil berkala. Perawatan rutin ini bisa kalian lakukan sendiri di rumah atau meminta bantuan bengkel langganan kalian.

Lalu apa aja sih perawatan mobil berkala yang wajib diperhatikan? Ini tips dari kami buat kalian Kawan Parjo.

1. Tiga Cairan Mobil

Sebagai bentuk perawatan pada mobil kesayangan kalian, sebaiknya kalian perhatiin nih Sob tiga cairan pada mobil. Apa saja hal itu? Ketiganya adalah air radiator, minyak power steering, dan minyak rem.

Pastikan ketiganya tidak kurang, dan bila kondisinya mulai keruh atau kotor, segera kuras serta ganti dengan cairan yang baru.

Perawatan Mobil Berkala

2. Oli Mesin

Oli pada mesin bertugas untuk melumasi semua bagian komponen mesin. Karena itu pastikan kondisi oli masih bagus untuk memberikan pelumasan pada komponen mesin.

Jangan sampai oli dibiarkan mengental yang menyebabkan kinerja komponen terganggu. So, perhatiin ya kapan waktunya ganti oli, jangan sampai telat!

Baca juga

3. Aki

Aki alias accu memiliki peranan sebagai sumber arus listrik ke seluruh komponen mobil. Bila aki bermasalah, maka sistem kelistrikan di mobil juga akan kekurangan pasokan daya listrik. Akibatnya mesin sulit distarter, lampu-lampu jadi redup, bahkan yang paling fatal, mobil bisa tiba-tiba mati di jalan.

Perawatan Mobil Berkala

4. Tune Up

Saat melakukan servis di bengkel, sesekali lakukanlah tune up mesin. Intervalnya boleh setiap 10.000 kilometer sekali atau sesuai anjuran di buku pedoman kendaraan kalian. Tune up ini berguna untuk membuat kondisi mesin mobil kalian kembali prima Sob.

5. Filter

Ketika melakukan perawatan mobil berkala, jangan lupakan juga filter yang ada pada bagian mesin. Misalnya filter udara dan filter AC. Filter udara berguna untuk menyaring udara dari luar ke ruang mesin demi membantu proses pembakaran.

Sementara filter AC untuk memberikan udara segar bagi seluruh penumpang. Bersihkan filter secara rutin, jangan sampai filter dipenuhi debu dan kotoran.

Related Posts

Tinggalkan Balasan