Mobil, Tips

Tips Menyalakan AC Mobil yang Tepat Biar Panas Cepat Hilang

Menyalahkan AC Mobil

Beberapa hari belakangan ini kondisi suhu udara disejumlah kota besar di Indonesia begitu terik. Kalau kalian berkendara menggunakan mobil, tentu AC mobil jadi penyelamat untuk mengurangi hawa panas tersebut.

Suhu panas di dalam kabin mobil sudah pasti tidak nyaman dan bisa memperlambat reaksi pengemudi saat berkendara.

Kalau kabin di dalam mobil memanas sampai 35 derajat Celcius, reaksi pengendara akan berkurang 20% ketimbang berkendara di kabin dengan suhu 25 derajat Celcius.

Menyalahkan AC Mobil

Jangan Langsung Pasang AC

Kesalahan yang paling sering dilakukan pengemudi saat menyalakan AC mobil adalah langsung menyetel AC ke suhu paling dingin sesaat setelah ia masuk ke dalam kabin. Padahal tindakan ini justru akan membuat udara panas tersirkulasi dalam kabin mobil.

Baca juga

Cara yang tepat dan efektif agar kabin mobil cepat dingin adalah membuka pintu dan kaca terlebih dahulu kurang lebih 1-2 menit, untuk menunggu semua sistem mobil tersambung. Setelah itu tutup semua pintu dan jendela, kemudian nyalakan AC sampai ke suhu pengaturan paling dingin.

Lalu, kisi-kisi AC sebaiknya tidak langsung diarahkan ke pengendara dengan tujuan agar cepat dingin.

Cara itu justru bisa membuat suhu di dalam kabin mobil menjadi tambah panas. Sebaiknya arahkan kisi-kisi AC bisa ke bagian atap supaya udara dingin lebih merata tersebar ke seluruh kabin.

Menyalahkan AC Mobil

Pakai Fitur Auto Climate

Kalau mobil sudah dilengkapi dengan pengaturan AC secara otomatis, fitur tersebut bisa dimanfaatkan.

Dengan memakai sistem Auto, kabin akan tetap terasa dingin dan sirkulasi udara dari luar masih terus berlangsung sehingga kaca tidak akan tampak berembun.

Related Posts

Tinggalkan Balasan