Mobil, Tips

Jangan Dibiasakan Pakai Rem Tangan Saat Berhenti di Lampu Merah

rem tangan

Seringkali kita menjumpai pengemudi mobil yang pakai rem tangan saat berhenti di lampu merah. Atau boleh jadi hal itu kalian lakukan sendiri Sob? Nah mulai sekarang jangan dibiasakan ya!

Alasan seseorang pakai rem tangan saat berhenti di lampu merah adalah supaya lebih santai dan mengistirahatkan kedua kakinya. Padahal menurut Sony Susmana, Trainer dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), kebiasaan ini sangat berbahaya.

Baca juga

Tidak Fokus

Menurut Sony, saat menggunakan rem tangan, justru malah akan membuat kalian jadi kurang waspada dengan kondisi sekitar Sob. Itu karena kalian merasa lebih aman dan santai hingga bisa melakukan banyak hal, termasuk mengecek ponsel. Jelas aktivitas ini sangat berbahaya karena fokus menjadi terganggu.

 

Berkomunikasi dengan Pengguna Jalan Lain

Menurut Sony, selain masalah fokus, saat tuas rem tangan aktif, mobil memang tidak bergerak. Tapi ini tetap berbahaya karena lampu rem dalam kondisi mati. Jika seperti ini, pengguna jalan lainnya bisa salah sangka karena berpikir mobil kalian tidak dalam keadaan ngerem.

Ini tentu berisiko menyebabkan kecelakaan akibat mobil ditabrak dari belakang. Ia menegaskan, lampu merah bukanlah tempat yang baik untuk bersantai dan melakukan aktivitas lainnya yang bisa menurunkan konsentrasi. Kalaupun ingin sedikit bersantai, sebaiknya langsung menepi saja.

Related Posts

Tinggalkan Balasan