Mobil, Motor, News

Akan Muncul Smart SIM, Bisa Dipakai Bayar Tol dan Belanja Juga!

Smart SIM

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah berencana untuk menerbitkan SIM (Surat Izin Mengemudi) model baru. Namanya Smart SIM. Nah kartu SIM ini nantinya akan memiliki chip layaknya uang elektronik.

Seperti kita tahu, uang elektronik yang beredar di Indonesia saat ini antara lain E-Money dari Bank Mandiri, FLAZZ dari BCA, BRIZZI dari BRI, TapCash dari BNI, dan LINK dari BTN.

Semua uang elektronik ini bisa dipakai sebagai alat pembayaran ketika belanja atau masuk ke jalan tol.

Smart SIM

Nah nantinya Smart SIM bakal seperti itu Sob. “SIM ini dapat berfungsi sebagai e-money dengan saldo maksimal Rp 2 juta dan dapat diisi oleh pemegang SIM,” ujar Irjen Pol Refdi Andri, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri.

Baca juga

Berlaku Mulai September 2019

Lebih jauh, Refdi mengatakan pengenalan Smart SIM telah dilaksanakan di Bekasi, Jawa Barat pada Kamis (22/8/2019).

Namun untuk tingkat Nasional, SIM model baru ini akan diperkenalkan bertepatan dengan Hari Lalu Lintas Bhayangkara pada 22 September 2019 mendatang.

Smart SIM

Selain bisa dipakai belanja di minimarket dan juga dapat dipergunakan untuk pembayaran tol, Smart SIM ini juga bisa untuk pengganti uang cash dalam beberapa pembelian lainnya. Seperti pembayaran pengisian bahan bakar minyak (BBM) di SPBU, tol, kereta api, busway dan fungsi lainnya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan