Motor, Tips

Ini 5 Perbedaan Mendasar Yamaha XSR 155 dan Kawasaki W175

Yamaha global telah meluncurkan motor retro klasik modern mereka beberapa waktu lalu di Thailand, yakni XSR 155.

Motor ini tentunya akan mengambil segmen yang sekarang ini dikuasai oleh Kawasaki W175. Tapi perlu diakui juga jika secara tampilan Yamaha XSR155 jauh lebih segar ketimbang Kawasaki W175.

Meskipun belum diluncurkan di Indonesia, rasanya nggak ada salahnya jika membandingkan keduanya. Karena jika motor ini nanti fesmi hadir di Indonesia, maka Kawan Parjo sudah memiliki pembanding, baik secara spesifikasi maupun harga.

1. Desain

Desain keduanya jelas menggunakan konsep motor berbasis klasik.

Pada XSR 155, aura retro-modern terasa mulai dari bentuk tangki teardrop, jok kulit yang rata, lampu depan dan stoplamp yang berbentuk bulat. Desain ini mseirip dengan yang ditampilkan W175.

Kesan modernnya terlihat dari shock depannya yang sudah menggunakan model up-side down (USD) serta pelek racing.

Sedangkan pada W175, baik suspensi maupun ban, masih mempertahankan model klasik, yakni shock depan teleskopik serta pelek jari-jari.

Baca juga

2. Fitur

Soal fitur, Yamaha XSR 155 sudah dilengkapi sejumlah teknologi modern. Mulai dari lampu utama dan stoplamp yang sudah menggunakan teknologi LED.

Kemudian panel instrumen speedometer yang juga telah menggunakan teknologi LED, sehingga lebih mengesankan retro-modernnya.

Inilah fitur-fitur yang tak didapat jika membeli Kawasaki W175 yang pada semua lampunya masih menggunakan bohlam, serta tak adanya panel penunjuk indikator bensin.

3. Kaki-kaki

Di bagisn ini, Yamaha XSR 155 menggunakan ban 17 inci dengan tapak 110/70 di bagian depan dan 140/70 di bagian belakang. Untuk bannya, motor ini sudah menggunakan jenis dual purpose, sehingga meningkatkan kesan klasiknya.

Sementara Kawasaki W175, tetap menggunakan pelek 17 inci jari-jari dengan ukuran ban 100/80 di bagian depan dan 110/90 pada bagian belakang. Kesan klasik yang cukup kental ada pada suspensi yang masih menggunakan shock ganda di bagian belakangnya.

Baca juga

4. Mesin

Soal dapur pacu, keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda.

Yamaha XSR 155 menggunakan mesin 155 cc DOHC 4 Katup dilengkapi VVA dengan teknologi injeksi.

Sedangkan untuk Kawasaki W175 menggunakan mesin berkapasitas 177 cc 4-Tak berpendingin udara dengan masih mengusung teknologi karburator.

5. Harga

Masuk ke bagian paling terakhir adalah soal harga, Kawasaki W175 yang sudah hadir di Indonesia ditawarkan dalam tiga varian, yakni standar, SE, dan Cafe.

Pada tipe standar W175 dilego Rp30,3 juta, tipe SE seharga Rp31,6 juta, dan tipe Cafe seharga Rp33,1 juta.

Sedangkan untuk Yamaha XSR 155, jika dirupiahkan dari harga jualnya di Thailand, maka akan setara dengan banderol Rp42,5 jutaan.

Related Posts

Tinggalkan Balasan