Motor, Tips

Hindari Tahan Gas di Tanjakan Biar Kampas Ganda Tetap Awet

Kawan Parjo yang pakai motor matik mungkin pernah atau bahkan punya kebiasaan menahan gas ketika tekena macet di jalanan menanjak.

Ternyata, kebiasaan untuk menahan motor supaya tak mundur itu tidak disarankan lantaran bikin  kampas ganda habis atau termakan sebelah.

Sebagaimana diungkap oleh pabrikan v-belt di Indonesia, “Tapak kampas ganda habisnya enggak rata atau sebelah disebabkan karena sering menahan gas. Terutama saat di jalan menanjak,” kata Soeparmo, Marketing OEM R2 Bando Indonesia.

Lanjut dia, kebiasaan bikers menahan motor mundur di tanjakan dengan menahan gas itu memanfaatkan tenaga mesin. Akibatnya, tapak kampas ganda tidak mampu menggigit sempurna karena cuma berfungsi sebagian. Terutama di depan.

“Saat sedang menahan gas di tanjakan, cuma bagian depan dari kampas ganda saja yang menempel di mangkok kampas gandanya,” jelas Soeparmo.

Makanya terbilang umum dan wajar jika banyak kasus kampas rem bagian depan tipis bahkan habis, sedangkan bagian belakangnya masih tebal.

“Sebab saat menahan gas saat tanjakan kampas ganda bagian depan berkerja keras untuk dapat memutarkan rumah (mangkok) kampas gandanya,” tambah Soeparmo.

Baca juga

Alternatif Lain

Masalahnya, kampas ganda yang sudah telanjur termakan sebelah tidak akan mampu bekerja maksimal. Jadi jangan heran bila motor matik terasa kurang nyaman ketika deselerasi.

Sebagai antisipasi kampas ganda tetap awet, jangan coba-coba menahan motor matik dengan membuka gas jika lain kali Kawan Parjo terjebak macet di tanjakan. Lebih disarankan menahan motor pakai rem atau gunakan fitur parking lock bila ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan