Mobil, Motor, News

Ini Tarif dan Prosedur Bikin Smart SIM

Smart SIM

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bakal meluncurkan Smart SIM secara nasional pada 22 September 2019 mendatang bertepatan dengan peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara.

Berbeda dengan SIM yang berlaku saat ini, Smart SIM bisa dipakai sebagai alat pembayaran elektronik (e-money) dengan saldo maksimal Rp2 juta, pun merekam identitas serta data forensik pemegang SIM untuk kepolisian.

Meski begitu, Kakorlantas Polri Irjen Refdi, mengatakan, pemilik SIM lama yang masih berlaku tak perlu terburu-buru mengganti SIM lama dengan Smart SIM.

“Pemilik SIM lama dapat mengganti SIM baru ketika SIM-nya habis masa berlaku (perpanjang), jadi tidak juga masyarakat yang punya SIM sekarang dengan model lama buru-buru mengganti SIM,” ucap Refdi dalam akun resmi NTMC Polri, Rabu (28/8/2019).

Pengguna SIM lama bakal mendapat Smart SIM ketika melakukan perpanjangan, dan pengguna baru bisa membuat Smart SIM di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

Baca juga

Mekanisme Pelayanan dan Tarif Smart SIM

Lebih lanjut, Refdi menekankan bahwa tak ada yang berubah soal mekanisme pelayanan dan biaya pembuatan baru sekaligus perpanjang smart SIM.

“Ada anggapan bahwa tarifnya naik dan menyusahkan masyarakat. Jelas itu salah, karena tidak ada kenaikan atau sama saja seperti tarif membuat dan memperpanjang masa berlaku yang model lama,” ujar jenderal polisi bintang dua itu.

Kata Refdi, mulai dari proses permohonan, prosedur sampai syarat-syarat untuk SIM baru masih tetap sama dengan SIM lama. Hanya saja bakal menitikberatkan pada bagian uji teori. Bagian teori ini guna meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

“Nantinya prosesnya sama saja semuanya, hanya secara kualitas SIM-nya saja yang kita tingkatkan,” catatnya.

Baca juga

Rincian Biaya Smart SIM

Untuk Biaya Pembuatan SIM, baik baru maupun perpanjangan sudah diatur dalam ketentuan PP Nomor 60 Tahun 2016. Berikut rincian lengkapnya.

– Penerbitan SIM A Rp 120.000

– Penerbitan SIM A Umum Rp 120.000

– Penerbitan SIM B1 Rp 120.000

– Penerbitan SIM B1 Umum Rp 120.000

– Penerbitan SIM B2 Rp 120.000

– Penerbitan SIM B2 Umum Rp 120.000

– Penerbitan SIM C Rp 100.000

Berikutnya untuk tarif perpanjangan masa berlaku SIM:

– Perpanjang masa berlaku SIM A Rp 80.000

– Perpanjang masa berlaku SIM B Rp 80.000

– Perpanjang masa berlaku SIM C Rp 75.000

– Perpanjang masa berlaku SIM D Rp 30.000

Related Posts

Tinggalkan Balasan