Motor, Tips

Perawatan Gir dan Rantai Motor Biar Gak Putus di Jalan

Perawatan Gir dan Rantai Motor

Walaupun populasi motor matik kini sudah menjamur, namun tetap saja motor bebek atau sport masih banyak peminatnya. Nah salah satu perbedaan motor matik dan motor bebek atau sport adalah pemakaian gir dan rantai.

Kali ini Kawan Parjo bakal bahas tentang cara perawatan gir dan rantai motor Sob. Karena kedua komponen ini wajib mendapat perhatian akibat tugasnya yang cukup penting dalam menggerakkan roda motor.

Perawatan Gir dan Rantai Motor

Biasanya gejala gir dan rantai motor bermasalah adalah munculnya suara kasar saat motor melaju meksipun itu dalam kecepatan rendah. Pada kondisi ekstrim, kerusakan dua komponen ini adalah putusnya rantai ketika kalian tengah diperjalanan. Bisa berabe kan!

Jangan Lupa Lumasi

Untuk perawatan gir dan rantai motor adalah secara berkala melumasi kedua bagian ini. Suara kasar dari rantai bisa juga dihilangkan dengan cara mengatur keregangan rantai tersebut. Kalau rantai sudah terlalu kendur, maka ada baiknya rantai diganti dengan yang baru.

Baca juga

Perawatan Gir dan Rantai Motor

Periksa Mata Gir

Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi mata gir secara berkala. Jika terlihat mata gir sudah terlalu runcing, maka sudah waktunya gir untuk diganti baru. Jika dipaksakan, maka komponen ini akan merusakkinerja motor secara keseluruhan.

Perawatan gir dan rantai motor sebaiknya dilakukan minimal sebulan sekali. Dan disarankan untuk mengganti gir serta rantai setiap motor telah menempuh jarak 25.000 kilometer.

Related Posts

Tinggalkan Balasan