Mobil, Tips

Kenapa Sih Kok Air Radiator Berwarna?

Air Radiator Berwarna

Kalau kalian perhatikan, para produsen mobil umumnya menggunakan air radiator yang memiliki warna alias bukan bening. Warnanya bisa kuning, hijau muda, biru, atau merah. Nah kenapa ya air radiator berwarna?

Ternyata hal itu ada alasannya lho… Bahkan pemberian warna pada air radiator ini memiliki peran yang cukup penting bagi kondisi keseluruhan mesin mobil itu sendiri.

Air Radiator Berwarna

Pendeteksi Bocor

Ternyata, air radiator dibuat tidak bening memiliki fungsi untuk membedakan dengan cairan lainnya di mesin. Bila terjadi kebocoran pada air radiator, maka pemilik mobil bisa langsung mendeteksinya.

Baca juga

Jadi seandainya air radiator yang digunakan berwarna hijau muda, maka ketika ada tetesan cairan di kolong mobil berwarna hijau muda, maka pemilik mobil bisa langsung memvonis kalau itu ada kebocoran air radiator pada kendaraannya.

Air Radiator Berwarna

Tidak Ada Perbedaan

Mungkin Anda sering lihat beberapa mobil menggunakan air radiator dengan warna yang berbeda-beda.

Kadang hijau muda, kadang kuning, atau bisa juga merah. Nah ternyata warna-warna tersebut tidak ada perbedaan spesifikasinya, hanya sekedar beda warna saja.

Jadi jika ada yang mengatakan air radiator berwarna tertentu lebih baik, maka bisa dipastikan itu cuma mitos dari perusahaan penyedia air radiator untuk membedakan dengan air radiator dari merek lain.

Related Posts

Tinggalkan Balasan