Motor, Tips

Pilih Helm Full Face atau Helm Half Face?

helm X-Lite

Helm merupakan perangkan keselamatan saat berkendara menggunakan sepeda motor. Kalian tentunya mengenal jenis helm yang terbagi antara helm full face atau helm half face. Apa sih perbedaan keduanya?

Sebagian biker pasti berdebat antara lebih suka helm full face atau helm half face. Nah kali ini Kawan Parjo bakal beberkan sedikit fakta-fakta tentang dua jenis pelindung kepala tersebut.

Full Face

Sesuai dengan namanya, helm full face merupakan jenis helm yang memiliki perlindungan full, termasuk kepala dan wajah. Bahkan saat dikenakan, orang-orang mungkin tidak akan mengenali sebelum kalian buka helm. Makanya, demi mencegah kecurigaan, helm full face dilarang dipakai saat masuk ATM atau ketika berbelanja.

Helm Full Face

Selain untuk berkendara berat, helm full face pun kerap digunakan untuk balapan atau berkendara dalam kecepatan tinggi. Hal ini disebabkan karena helm ini cukup bisa diandalkan untuk melindungi wajah dari terpaan angin yang bisa mengaburkan konsentrasi rider.

Baca juga

Helm full face baik digunakan untuk riding berat, seperti touring atau melakukan perjalanan jarak jauh (antar kota). Bisa juga dipakai ketika berkendara di tengah cuaca buruk (angin kencang, badai dan hujan).

Half Face

Sesuai dengan namanya, helm half face merupakan jenis helm yang memiliki perlindungan kokoh di bagian kepala, tapi masih tetap memperlihatkan wajah. Beberapa kelebihan helm jenis ini adalah lebih mudah dipakai dan dilepaskan.

Helm Half Face

Ini membuat helm half face lebih banyak dipakai buat rider yang mau beraktifitas harian untuk jarak pendek. Misalnya belanja ke mini-market, berangkat main ke rumah teman atau sanak keluarga, menangantarkan anak ke sekolah dan aktivitas ringan lainnya.

Mengingat hanya menutup sebagian wajah saja, helm half face pun baik digunakan saat cuaca sedang baik, dan kebutuhan riding dalam kota saja. Sementara untuk riding jauh atau kondisi yang lebih ekstrim, kalian disarankan menggunakan helm full face.

Nah jadi mau pilih helm full face atau helm half face?

Related Posts

Tinggalkan Balasan