Event, Motor, News

Kemenhub Gelar Konvoi Kendaraan Listrik di Monas

Menindaklanjuti Perpres 55 Tahun 2019 tentang percepatan kendaraan listrik, Kementerian Perhubungan menggelar pameran kendaraan listrik di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2019).

Menariknya lagi, Kemenhub turut melibatkan sejumlah Menteri Kabinet Kerja dan berbagai perusahaan otomotif untuk melakukan konvoi menggunakan kendaraan bertenaga listrik (KBL).

Menhub Budi Karya Sumadi menyampaikan, kegiatan ini dihelat sebagai upaya memperkenalkan KBL kepada masyarakat.

Adapun kegiatan konvoi mengambil rute mulai dari Monas – Thamrin – Sudirman – Senayan dan kembali ke Monas.

Baca juga

Upaya Menekan Polusi Udara

Ditambahkan Kepala Biro Humas Kemenhub, Hengky Angkasawan, implementasi dari perhelatan ini ke depannya diharapkan bisa menjadi momentum untuk terus menekan polusi udara yang sangat berbahaya bagi kesehatan maupun lingkungan.

“Masyarakat perlu mengetahui bahwa kehadiran kendaraan yang ramah lingkungan ini sebagai solusi untuk mengurangi polusi udara di kota-kota besar seperti Jakarta dan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil,” terang Hengky.

Pasalnya, sambung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan, hampir 70 persen polusi udara di Jakarta disumbang oleh kendaraan berbasis fosil.

“Dengan adanya kendaraan listrik, saya kira polusi ini akan berkurang dalam dua atau tiga tahun ini,” sebut Luhut.

Lebih lanjut, Hengky mengatakan  pihaknya tengah menyiapkan peraturan Menteri Perhubungan tentang Uji Tipe dan Uji Berkala.

“Paralel dengan itu Kemenhub terus mendorong stakeholder transportasi untuk bersiap mengimplementasikan kendaraan listrik terutama untuk angkutan umum massal perkotaan,” ungkapnya.

Pejabat dan Pelaku Otomotif Ikut Hadir

Dalam acara terlihat beberapa petinggi negara yang ikut meramaikan. Selain Luhut yang memimpin konvoi menggantikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), ada pula Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Foto Medcom.id

Ketiganya berkonvoi menunggangi skuter listrik Gesits. Produsen kendaraan Listrik dalam negeri itu memang menjadi salah satu perusahaan otomotif yang ikut serta dalam kegiatan konvoi kali ini.

Tentu saja turut hadir pula sejumlah produsen kendaraan ternama macam Toyota, Honda, Nissan, Suzuki, Mitshubisi, Tesla, dan tak ketinggalan perusahaan aplikator ojek online Grab dan Gojek.

Kemudian turut serta beberapa perguruan tinggi yang memproduksi kendaraan listrik seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Surabaya (ITS), dan Universitas Brawijaya.

“Selain memamerkan kendaraannya, konvoi mobil dan motor listrik ini dijajal konvoi sejumlah pimpinan Kementerian, Lembaga, BUMN dan sejumlah Direksi perusahaan otomotif swasta,” tutup Hengky.

Related Posts

Tinggalkan Balasan