Mobil, News

Kapan Mobil Terbakar Bisa Ditanggung Asuransi?

Insiden maut akibat tabrakan beruntun di ruas Cipularang KM 91, Tol Purbaleunyi arah Jakarta, Senin (2/9) siang melibatkan sekitar 21 kendaraan, enam di antaranya terbakar.

Lantas, apakah semua mobil yang terbakar baik karena kecelakaan atau tidak bakal ditanggung asuransi?

Menurut Laurentius Iwan Pranoto, Head Communication and Event PT Asuransi Astra, jika mobil yang terbakar sudah diansuransikan, maka persoalan ditanggung atau tidak nantinya tergantung pada prinsip Proximity Cause.

“Intinya adalah dicari tahu penyebabnya, kenapa terbakar? Terbakar, penyok dan kebaret adalah akibat. Kalau terjadi karena sesuatu yang dikecualikan maka tidak bisa di-cover,” ujarnya.

Baca juga

Aturan Asuransi Mobil Terbakar

Ia mencontohkan, seandainya mobil terbakar akibat adanya modifikasi seperti memasang sesuatu yang belum di survei kelayakannya dan terjadi setelah melakukan pembelian polis, maka pihak asuransi tidak akan meng-cover kerugian.

Contoh lain, bila mobil yang terbakar tidak sesuai kondisi saat polis dibuat, atau pemakaian mobil pribadi ternyata dikomersialkan dengan cara disewakan, maka kerugian tidak akan ditanggung.

Hal tersebut sesuai dengan yang tercantum dalam Pasal 3 ayat 5.1 Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor, bahwa pihak asuransi tidak menjamin kerugian dan/atau kerusakan atas perlengkapan tambahan yang tidak disebutkan pada polis.

Bahkan, dalam ayat kedua juga disebutkan bahwa pihak asuransi tidak menjamin kerugian jika di dalam kendaraan bermotor terdapat zat kimia, air, atau benda cair lainnya.

Asuransi Bersyarat

Selain menjamin kerugian kebakaran yang disebabkan faktor internal kendaraan, pihak asuransi juga bisa menjamin kerugian disebabkan peristiwa tak terduga macam kerusuhan, terorisme dan sejenisnya.

Namun, ada syaratnya. Polis yang diambil harus disertai dengan perluasan jaminan SRCC (Strike, Riot, and Civil Commotion).

“Jika mengalami mobil terbakar akibat hal-hal tersebut, bisa saja melakukan klaim, asalkan tertanggung sudah memiliki perluasan jaminan,” tandas Iwan.

Baca juga

Cara Mengklaim

Apabila mobil hangus terbakar, segera laporkan kejadian kepada asuransi. Bisa lisan, telepon, atau isi laporan keterangan tertulis dari asuransi.

Kemudian serahkan dokumen pendukung yaitu polis asuransi, fotokopi STNK dan SIM, juga keterangan kepolisian setempat dan foto-foto kerugian.

Namun, klaim asuransi juga bisa tidak berlaku jika dilakukan melebihi batas waktu yang ditentukan dalam polis, atau wilayah kejadian tidak termasuk dalam kontrak. (man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan