Mobil, Motor, News

Plat Nomor Cantik Keluaran Polri Gak Bisa Dipalsukan

Sejak Bulan Agustus lalu, Polri resmi membedakan jenis huruf dan angka pada pelat nomor cantik dengan pelat nomor pada umumnya. Bahkan pelat cantik itu sama sekali gak bisa dipalsukan.

“Mulai 1 Agustus sudah mulai dibedakan, paling penting juga jenis angka sama hurufnya tidak bisa dipalsukan,” ucap Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP, Sumardji kepada Kompas.com (1/9).

Kata dia, jenis huruf dan angka pelat nomor cantik keluaran Polri sengaja dibuat beda karena sang pemilik yang menggunakan pelat nomor pilihan itu sudah bersedia bayar lebih. “Jadi secara kualitas harus kita bedakan,” ujarnya.

Meski begitu,Sumardji memastikan angka dan hurufnya saja yang berbeda, selebihnya sama. Gak ada yang berubah soal prosedur pembuatan apalagi biaya.

Baca juga

Aturan Tentang Pelat Nomor Cantik

Perlu diketahui, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) ada dua jenis. Pertama normal atau sesuai dengan urutan, dan yang kedua nomor cantik. Untuk membedakan tipe yang dipilih, pemilik mobil atau sepeda motor harus membayar lagi sesuai aturan.

Nah, besaran biaya yang dikenakan untuk Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) itu tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) 60 tahun 2016. PP ini juga mencakup biaya pembuatan pelat nomor cantik.

Sementara untuk proses pembuatan pelat nomor cantik, peraturannya sudah tercantum dalam surat keputusan Kepala Korps Polisi Lalu Lintas Polri Nomor KEP/62/XII/2016, 30 Desember 2016, Tentang Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor Pilihan.

Dalam peraturan tersebut, ada setidaknya enam poin yang mengatur soal pelat nomor cantik alias pilihan.

Berikut ketentuannya:

– NRKB pilihan berlaku selama lima tahun dan dapat diperpanjang lima tahun lagi, hanya jika kode wilayahnya sama.

– NRKB pilihan tidak berlaku jika pemilik kendaraan bermotor dipindahtangankan kepada pihak lain atau mutasi ke luar wilayah.

– NRKB pilihan tetap berlaku apabila pemilik kendaraan bermotor mengubah alamat, warna, dan mesin dalam kode wilayah yang sama.

– Masa berlaku NRKB pilihan tercantum dalam surat keterangan NRKB Pilihan yang dikeluarkan oleh Ditlantas Polda atau Satlantas Polres/Ta/Tabes.

– Perpanjang NRKB Pilihan dilakukan bersama dengan perpanjang STNK, dan jatuh tempo masa berlaku disamakan dengan masa berlaku STNK.

– Terakhir, apabila kendaraan bermotor dipindahtangankan sebelum masa berlaku NRKB pilihan habis, maka sisa masa berlaku akan habis, dan untuk penerbitan STNK yang baru dengan penerbitan NRKB Pilihan yang baru selama lima tahun. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan