Motor, Tips

3 Ciri Piston Motor Mulai Rusak

Piston merupakan komponen utama mesin. Bila kondisinya mulai rusak atau aus bisa membuat kinerja motor turun drastis.  Dan jika sampai  rusak, membetulkannya tidak mudah pun tidak murah.

Untuk pencegahan, ada setidaknya tiga ciri utama piston motor mulai rusak yang perlu dipahami.

Muncul Asap Putih

Dodo, pemilik bengkel umum AMS Motor yang berlokasi di Ciledug, Tangerang, mengatakan salah satu ciri kerusakan piston yang kentara adalah munculnya asap berwarna putih dari motor. Ini biasanya paling terlihat ketika motor dipanaskan.

“Kalau sudah keluar asap putih, berarti itu oli ikut terbakar,” ujarnya kepada OtoRider.

Dodo menjelaskan, di piston terdapat ring oli, ring kompresi, dan ring bakar. Seluruh ring itu berfungsi merapatkan celah antara piston dan blok silinder agar tidak ada aliran oli yang masuk ke ruang pembakaran.

Sebaliknya, pergerakan naik turun piston yang mulai rusak justru akan membuat oli ikut masuk ke ruang pembakaran.“Ring olinya itu sudah mulai ngempos,” terangnya.

Oli Mesin Gampang Boros

Akibat ring oli gampang masuk ke ruang pembakaran, maka jangan heran jika volume oli mesin juga gampang berkurang sehingga lebih boros. Pengurangannya bisa cukup drastis, mencapai 0,1 liter sehari tergantung waktu mesin hidup.

Baca juga

Loss Power

Alhasil, lanjut Dodo,.jika ring oli bermasalah itu gak segera dibenarkan dan dibiarkan begitu terus-menerus, mesin bukan cuma bisa mati sendiri, tapi juga susah hidup.

Gambarannya begini, di piston ada pen sehr yang butuh pelumas. Pen sehr yang tidak terlumasi sempurna lantaran olinya terus-menerus berkurang, lama-kelamaan tentu membuat piston semakin rusak dan akhirnya jadi mengunci.

“Piston akan terkunci karena oli sudah habis terbakar,” terang Dodo.

Kabar baiknya, awal mula piston yang mengunci ini biasanya terasa ketika kecepatan sepeda motor menurun. Misalnya, ketika Kawan Parjo hendak berhenti motor justru kehilangan tenaga lalu mati sendiri.

Langkah Perbaikan

Untuk memperbaiki kerusakan piston lebih dini, Dodo menyarankan agar rutin melakukan servis ringan, pun teratur melakukan servis besar sebagai pencegahan. Terutama untuk motor yang usianya sudah tua.

Lalu, begitu di motor mucul asap putih ketika dipanaskan, baiknya segera mengecek dan  mengganti komponen piston demi menghidari kerusakan berarti. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan