Kustom, Motor

OM2S, Spesialis Modif Mesin Standar Jadi Mirip Moge

Hasil karya modifikator asal Indonesia memang patut diacungi jempol. Gak cuma jago bikin motor tampil keren, tapi juga pakarnya mengubah mesin standar jadi mirip moge dengan tambahan berbagai tipe mesin.

Hal ini salah satunya dibuktikan Bengkel Oji Motor 2 Silinder atau populer disebut OM2S yang bermarkas di Cipondoh, Tangerang.

Seperti namanya, OM2S memang lama dikenal sebagai spesialis bikin mesin multisilinder yang  menawarkan paket custom dengan cara antimainstream.

“Awalnya kita (OM2S) itu bergerak di bidang balap, tapi setelah melakukan riset dan banyak permintaan, OM2S akhirnya beralih bidang. Sekarang, kami membuat mesin motor by request, segala jenis motor 4-Tak atau 2-Tak bisa dibuat menjadi V-Twin, L-Twin, atau inline juga bisa dibuat sesuai permintaan,” ujar Rizky Fauzi yang akrab disapa Oji, pentolan OM2S.

Baca juga

Mekanisme Penggabungan Mesin

Berbeda dengan bore up alias memperbesar ukuran piston yang dilakukan bengkel pada umumnya, OM2S mampu menambah cc motor dengan menggabungkan mesin berbeda.

Nah, penggabungannya inilah yang unik. Pada tipe twin, crankcase standar diberi lubang lalu ditambahkan blok baru yang dilas menggunakan las argon.

Untuk tipe inline cylinder, menggunakan dua crankcase yang digabung jadi satu, lalu blok mesin ditambah dan digabungkan pakai las argon sehingga tampilan mesin jadi lebih lebar.

“Mesin bukan hanya sekedar digabungkan untuk hiasan, jadi sesuai perhitungan, setelah disatukan kapasitas mesin pun menjadi bertambah dua kali lipat,” jelas Oji.

Perawatannya Gak Ribet

Soal perawatannya pun sebetulnya gak jauh beda dengan motor kebanyakan. Namun, “Karena mesin double, penggunaan oli harus ditambahkan sekitar 130 persen,” tambah lulusan Teknik Mesin itu.

Kawan Parjo yang tertarik membuat perubahan, hanya cukup membawa motor yang akan dimodif ke alamat OM2S di Jl. KH Hasyim Ashari, Gondrong Kenanga, No. 16, RT 004/01.

Di sana sudah tersedia mesin tambahan untuk digabungkan dan aman dipakai sehari-hari. “Selain itu, kami juga memberi garansi hingga satu tahun. Sampai saat ini mesin belum ada yang sampai jebol,” tandas Oji.

Kendati demikian, modifikasi motor di OM2S lumayan menguras kocek. Harganya mulai Rp17-55 juta tergantung tipe dan jenis motor, dengan jangka waktu pembuatan mesin sampai 6 bulan.

“Prosesnya memang relatif lama, karena banyak proses yang harus teliti mengerjakannya. Lebih baik mengutamakan kualitas dibanding kuantitas,” tutup Oji. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan