Event, Komunitas, Kustom, Mobil, News

Segini Biaya Modif VW Kodok Bertenaga Listrik

vw kodok

Pameran mobil listrik pertama di Tanah Air, Indonesia Electronic Motor Show (IEMS) 2019 yang dihelat di Balai Kartini, Jakarta, 4-5 September 2019 berhasil mencuri perhatian publik. Salah satunya lewat kehadiran VW kodok bertenaga listrik.

VW kodok dengan mesin listrik ini merupakan satu dari sekian banyak produk unik besutan komunitas pencinta otomotif,  yang ditampilkan Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI).

Sedikit informasi, di ajang IEMS 2019 Kawan Parjo memang bisa menemukan sekaligus menambah wawasan soal kendaraan listrik, pun menjajal produk-produk keluaran perusahaan otomotif ternama maupun instansi dan komunitas pencinta otomotif.

Nah, untuk pameran perdana ini, PPMKI sengaja memajang berbagai kendaraan jadul yang sudah dimodif pakai mesin listrik. Di antaranya Citroen Mahari tahun 1970 dan mobil Volkswagen Beetle alias VW Kodok jebolan tahun 1973.

Baca juga

Modifikasi Capai 1M

Bicara soal biaya modifikasi mobil VW, ternyata perlu merogoh kocek yang tidak sedikit. Sekitar Rp500 juta sampai Rp 1 miliar, katanya.

Rudi bilang, baterai merupakan komponen termahal demi mengubah vw kodoknya jadi kendaraan full elektrik.

vw kodok bertenaga listrik di IEMS 2019/KompasOtomotif

 

Ia pun mengaku sengaja memodifikasi VW lantaran kecintaannya pada mobil-mobil jadul membuatnya ingin melihat kendaraan berusia 46 tahun miliknya itu tetap bisa berjalan.

Untuk memprediksi tren mobil listrik, ia juga mgetakan gubahan ini sebagai salah satu langkah untuk menggunakan energi listrik.

Di luar negeri seperti Amerika Serikat dan Kanada bisnis mengubah mesin kendaraan konvensional menjadi listrik memang sedang menjamur. Untuk biaya konversi mesin rata-rata dipatok mulai US$4-8 ribu atau sekira Rp60-120 jutaan.

Baca juga

Masih Belum Resmi

Terkait legalitas kendaraan, Rudi mengatakan belum tahu caranya mengurus surat-surat vw gubahan itu ke kepolisian, meski ia mengaku ingin mendapatkan keabsahan surat secepatnya lantaran takut terkena tilang akibat dinilai mengabaikan regulasi.

Kendati demikian, Rudi bercerita sempat didatangi Luhut Binsar Pandjaitan dan mantan Wakapolri, Nanan Soekarna, bahwa ia diperbolehan menggunakan VW modifikasinya tersebut. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan