Kustom, Motor, Tips

Tips Hindari Jahitan Jok Modifikasi Gampang Rembes

Rawan rembes alias kemasukan air tak jarang jadi kekhawatiran pemilik motor yang sudah memodifikasi joknya. Terutama bagi yang kerap menjahit lapisan jok agar memiliki pola tertentu.

Sejumlah spesialis pembuatan jok juga tidak menyangkal bahwa jok modifikasi memang rawan rembes terutama di musim hujan atau setelah dicuci steam. Bahkan, bisa sampai menyimpan air di busa bagian dalam.

“Kelemahan modifikasi jok motor kalau dijahit akan rembes,” ujar Edi Pamungkas, Manager Digital Creative Division MBtech.

“Biasa terjadi di jok yang pakai banyak sambungan jahitan karena kombinasi warna kulit jok atau motif jahitan,” tambah Apip dari Black Sweet Seat Modification.

Menurut mereka, air yang merembes dalam jok bukan cuma mengganggu karena bikin dudukan penumpang basah, tapi juga berangsur menimbulkan bau dan kuman penyakit.

Baca juga

Cari Pembuat Jok yang Andal

Untuk menghindari rembesan, Edi menyarankan pemilik motor mencari pembuat jok yang andal dan terpercaya.

“Makanya saya setiap mau bikin jok custom ditanya untuk penggunaan harian atau kontes. Kalau untuk harian tentu kita jarang main sambungan dan motif jahitan yang mudah rembes air itu tadi,” tutur Apip.

“Tapi kalau mau yang banyak sambungan tentu harus pastikan sambungannya tidak ada celah yang bisa bikin air mudah masuk,” lanjutnya.

Pakai Lapisan Plastik

Lalu untuk mencegah air masuk, kata Edi, pembuat jok andal biasanya akan melapisi busa jok dengan bahan plastik terlebih dulu. “Sekarang pembuat jok sudah pintar bisa dikasih jahit plastik atau sealer. Dijahit dulu baru dikasih plastiknya,” jelas Edi.

Gunakan Teknik Emboss

Alternatif lainnya bisa dengan teknis emboss. Ini semacam membuat jok memiliki pola tertentu dengan di press, tanpa benar-benar dijahit. “Bisa dibilang ini pengganti jahitan dan tidak bocor. Nggak merusak kulit,” ujar Edi.

Meski begitu, emboss tak bisa diterapkan pada modifikasi yang  memadukan dua warna jok kulit karena tetap perlu dijahit.

Nah, buat yang gak mau repot, saran Apip, cukup beli sarung penutup jok saja agar lebih aman dari rembesan air. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan