Event, Mobil, News

Dua Mobil Esemka Resmi Meluncur Hari Ini

Setelah penantian selama 7 tahun, mobil Esemka Bima 1.2 dan 1.3 yang diproduksi PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) resmi diluncurkan hari ini, Jumat (6/9/2019) di Boyolali, Jawa Tengah.

Selain meluncurkan mobil pick-up perdananya, Esemka juga memperkenalkan fasilitas produksi di pabriknya yang bertempat di Desa Demangan, Sambi-Boyolali.

Peresmian itu dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi dan turut dihadiri rombongan para menteri kabinet kerja.

Baca juga

Identik dengan Jokowi

Mobil Esemka memang identik dengan sosok Jokowi. Nama Esemka muncul pertama kali pada 2012, ketika Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Kala itu, Esemka yang digarap oleh para teknisi beserta siswa maupun lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah Solo, diapresiasi Jokowi sebagai kendaraan produksi anak bangsa.

Bahkan Jokowi sempat menggunakanya sebagai mobil dinas dan berwacana bakal memproduksi Esemka dalam skala lebih luas.

Namun, wacana itu surut seiring kepindahan Jokowi ke Jakarta sebagai Gubernur. Kini, setelah dua kali menjabat sebagai presiden, masyarakat kembali menagih janji tersebut.

Menempuh Jalan Panjang

Esemka sejatinya memiliki banyak varian. Pada 2015, mobil ini sempat dikabarkan bakal segera mengaspal, tapi nyatanya hanya beberapa yang diproduksi. Bukan massal.

Barulah tahun 2018 dua varian Esemka lolos uji tipe kendaraan. Yakni tipe Garuda I 2.0 di segmen mobil penumpang, serta Bima 1.0 dan 1.3L untuk mobil barang yang dipasarkan ke wilayah pedesaan.

Baca juga

Spesifikasi Bima Anyar

Dua Esemka Bima yang diresmikan hari ini, tipe 1.200 dan 1.300 CC, sama-sama memiliki kelir putih di bagian bodi dengan dimensi panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.890 mm. Ada pula karbo boks berukuran 2.750 mmx 1.600 mm x 460 mm.

Keduanya dibekali mesin 1.2 L E-power 14 DOHC dengan torsi maksimum 119 Nm dan daya maksimum setara 72 kW, serta berbahan bakar bensin. Khusus pikap Bima 1.300 cc disempali teknologi Single Over Head Camshaft (SOHC)

Untuk saat ini, dua kendaraan niaga ringan itu baru akan dipasarkan terutama di wilayah Jawa Tengah, serta sedikit menjangkau Jawa Timur dan Jawa Barat guna menjamin kualitas aftersales. Dealernya pun masih dalam proses pembahasan.

Soal harga jangan ditanya. Selain murah Esemka juga layak bersaing. Keduanya dibanderol Rp110 juta. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan