Motor, Tips

Ini yang Bikin Cat Motor Cepat Rusak

cat motor rusak

Bukan cuma mesin dan komponen logam, bagian tak kalah penting di motor yang wajib mendapat perhatian khusus adalah bodi. Bagian ini berfungsi menunjang tampilan supaya motor kelihatan keren dan sedap dipandang.

Sebab itu, bikers juga mesti memperhatikan kondisi cat tetap kinclong dan bebas kusam terutama di bodi motor.

Sayang, selain senggolan kendaraan lain dan semacamnya, selalu ada saja yang bikin cat motor cepat rusak, seperti berikut ini.

Baca juga

Terpapar Bahan Kimia

Percaya atau tidak, bahkan saat servis pun cat motor masih berpeluang rusak. Sebab memang ada bahan kimia tertentu yang bikin cat motor pudar atau belang.

Contoh umum perusak cat yang jarang dianggap penting, adalah pemakaian minyak rem yang tercecer mengenai bodi motor. Minyak rem punya kemampuan meresap tinggi ke dalam lapisan cat.

Selain itu, tumpahan bensin terutama yang mengandung oktan tinggi pun bisa membuat cat gampang kusam. Apalagi kalo bodi motor keseringan terpapar zat tersebut.

Dalam keseharian, pakai sabuk colek dan deterjen untuk mencuci motor juga bisa mengikis cat.

Debu Dibiarkan Menempel

Partikel halus dalam debu sudah diketahui bisa mengurangi daya kilap plastik. Terbayang kan jika didiamkan saja sekian lama di bodi motor.

Ujung-ujungnya cat bakal terkelupas, bodi pun ikut baret.

cat motor rusak

Mendiamkan Air Hujan

Di zaman serba polusi kayak sekarang, Kawan Parjo mesti gampang curiga air hujan mengandung banyak asam. Nah, zat asam nitrat (NHO3) ini punya efek merusak lapisan pelindung dan pengkilap cat, yang berikutnya memengaruhi warna bodi motor.

Hujan yang kecil sekalipun efeknya bisa sedemikian besar. Apalagi kalo didiamkan sehingga terakumulasi terus-menerus. Lebih parahnya, zat itu mampu mempercepat proses korosi logam semisal pada mesin dan sasis.

Terpapar Terik Matahari

Hati-hati, terik matahari mengandung radiasi sinar ultraviolet (uv) yang jika memapar motor dalam waktu lama justru bisa mendeskontruksi lapisan cat sehingga tampak kusam.

Ini biasanya terjadi kala motor diparkir sembarang di tempat terbuka.

Baca juga

Nah, biar cat motor gak gampang rusak, selain menghindari hal-hal di atas, baiknya sobat juga rutin mencuci atau sekadar mengelap motor dengan air setelah bepergian. Terlebih jika motor kehujanan.

Ingat! Jangan lupa setelahnya motor dikeringkan sempurna pakai kanebo atau lap halus lainnya supaya tidak menggores cat motor. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan