Mobil, News

Koleksi Mobil Klasik, Kenangan BJ Habibie Semasa Hidup

Mercedes Benz 300SL Gullwing

Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie kini telah tiada. Ia berpulang di RSPAD Gatot Soebroto, Rabu (11/9/2019), pukul 18.05 WIB dalam usia 83 tahun.

Kepergiannya mengingatkan kita pada sosok yang berjasa besar terhadap dunia penerbangan Tanah Air. Bahkan kecerdasaannya yang turut mengharumkan nama bangsa telah diakui dunia internasional.

Namun, siapa sangka kenangan akan BJ Habibie nan dikenal ramah semasa hidup ternyata juga menggandrungi dunia otomotif, terutama mobil seri klasik.

Baca juga

Garasi Luas Penuh Mercy

Di kediamannya, BJ Habibie memiliki garasi luas yang lebih mirip basement mall. Garasi ini bikin takjub lantaran dipenuhi puluhan koleksi mobil klasik yang mayoritasnya merupakan  keluaran pabrikan ternama asal Jerman, Mercedez Benz.

Mercedes Benz 300SL Gullwing

Satu yang mencuri perhatian adalah Mercedes Benz 300SL Gullwing.

Kendaraan klasik berkode sasis W 198 ini paling banyak diincar kolektor, meski merupakan produksi kedua setelah W 194 keluaran tahun 1951 yang dianggap gagal produksi.

Versi Gullwing atau pintu bersayap merupakan edisi sport pertama Mercy yang diproduksi sejak 1954-1957.

Mobil ini pertama kali diluncurkan di New York, Amerika Serikat, dalam ajang International Motor Sport Show tahun 1954.

Versi kedua, yaitu roadster, diproduksi mulai tahun 1957 hingga berakhir di tahun 1963.

Mercedes Benz 300SL Gullwing BJ.Habibie

Pesona 300 SL

Yang menarik soal 300SL adalah sejarah pembuatan awalnya sebagai mobil balap pamungkas dengan kisah sukses yang penuh lika-liku.

Sejak pertama meluncur, total 1.400 unit Mercedes Benz 300 SL yang berhasil produksi terjual laris manis terutama di AS alih-alih di Eropa dan negaranya sendiri.

BJ Habibie pun jadi saksi sejarah kesuksesan itu dengan memiliki 1 dari 300 unit 300SL yang tersebar di seluruh dunia.

Baca juga

Mobil Sport Lawas Performa Tinggi

Tak berhenti di situ, kendaraan yang diklaim sebagai Mobil Sport Terbaik Abad 20 ini juga memesona karena desainnya tak lekang oleh zaman. Nilai jualnya pun fantastis, mencapai Rp28 miliar.

Tak mengherankan. Sebagai sport car model lawas, kendaraan ini sudah disempali mesin enam silinder dengan transimisi empat percepatan.

Performanya terbilang mumpuni lantaran mampu memuntahkan 215 Tk dengan kecepatan maksimum mencapai 260 km/jam.

Soal akselerasi, kecepatannya mencapai 100km/jam dalam hitungan 7.4 detik. Untuk konsumsi bahan bakar 15 liter per 100 km. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan