Mobil, News

Menyoal Stiker Bebas Ganjil Genap Bagi Difabel

Stiker khusus bebas ganjil genap bagi difabel

Difabel atau penyandang disabilitas merupakan salah satu dari 12 pengecualian yang diberi keringanan melintas di jalur ganjil-genap. Guna melegalkan keringanan tersebut, kendaraan difabel diwajibkan memiliki stiker khusus bebas ganjil-genap.

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui soal stiker khusus tersebut, mulai dari ketentuan hingga cara pembuatan dan catatan penting lainnya.

Baca juga

Fungsi Stiker

Selain untuk mempermudah para difabel ketika berobat di tempat yang berdekatan dengan jalur ganjil-genap, stiker khusus ini juga dilengkapi barcode yang fungsinya menyimpan informasi dan data pribadi difabel.

Cara Pembuatan Stiker

Untuk membuat stiker, difabel perlu mendaftar dengan mengajukan surat permohonan dan melengkapi persyaratan terlebih dulu.

Surat permohonan ditujukan kepada Kepala Dishub DKI Jakarta yang beralamat di Jalan Jatibaru, Jakarta Pusat.. Bisa juga dengan menghubungi Ibu Tasya atau Bapak Mulyadi, lewat nomor ponsel Dishub yang bertugas di 0852-8004-0228.

Isi surat mencakup nama difabel, alamat, nomor kontak, dan alasan membutuhkan stiker khusus.

Kelengkapan Adminitrasi

Adapun persyaratan yang diperlukan setidaknya mencakup 9 poin. Bagi masyarakat berusia 17 tahun atau lebih, siapkan fotokopi beberapa berkas yaitu KTP,  SIM—jika difabel berkendara sendiri, KTP dan SIM sopir—jika difabel sebagai penumpang, kartu keluarga, STNK kendaraan yang diajukan, dan rekam medis.

Lalu jika difabel di bawah umur, siapkan fotokopi akta kelahiran berikut KTP orang tua/wali, dan seluruh berkas selain KTP dan SIM milik sendiri. Lebih baik jika anak diikutsertakan saat pengajuan permohonan.

Untuk kelengkapan pendukung, bawa foto seluruh tubuh ukuran 8R dan surat lainnya semisal surat keterangan yayasan difabel atau kartu pelajar.

stiker khusus difabel untuk ganjil genap

Diproses 3 Hari

Poses permohonan stiker khusus bebas ganjil-genap ini butuh waktu sekira 3 hari. Itu belum termasuk survei lanjutan oleh Dishub, yang mencakup wawancara, pengecekan kendaraan, hingga memverifikasi berkas.survei.

Bila lolos seleksi, stiker bakal langsung ditempel petugas. Stiker diberikan hanya jika difabel tersebut betul-betul tidak mampu menggunakan kendaraan umum.

Berlaku Untuk Satu Kendaraan

Setiap stiker yang ditempel cuma berlaku untuk satu mobil yang khusus membawa difabel. Pemohon tidak diperkenankan mengajukan lebih dari satu mobil.

Apabila terdeteksi mobil difabel melintas tanpa ada pemohon disabilitas di dalamnya, maka akan dikenakan sanksi.

Baca juga

Masa Berlaku Setahun

Layaknya surat berkendara lainnya, stiker bebas ganjil-genap ini juga punya jangka waktu dan perlu diperpanjang tiap setahun sekali. Hal ini lantaran warna stiker bakal berubah-ubah setiap tahun. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan