Motor, Tips

Mencuci Filter Udara Motor, Boleh Gak Sih?

mencuci fiter udara motor

Filter udara adalah komponen penting yang perlu perawatan telaten karena rentan kotor dan akhirnya rusak.

Meski begitu, ternyata banyak juga yang masih bingung soal boleh mencuci filter atau tidak saat dibersihkan. Cari tahu kebenarannya, yuk.

Baca juga

Jenis Filter Udara

Pertama-tama, sobat perlu tahu bahwa jenis filter udara di motor ada dua, yaitu kering dan basah. Keduanya perlu perawatan rutin, tapi dengan perlakuan berbeda. Dan lebih penting, sama-sama gak boleh dicuci.

Kenapa Gak Boleh Dicuci?

Filter udara gak boleh dicuci pakai air karena bisa merusak serat-serat bahan yang terdapat di dalamnya. Begitu pula jika filter dibersihkan pakai sikat yang keras, meski tanpa air.

filter udara motor

 

Bahan Pembentuk Filter

Filter udara kering dibuat dari bahan kertas yang ketebalannya standar. Dan kertas, meski gak mudah rusak jika terpapar air, tetap saja gak bakalan kuat jika terkena air dalam jumlah banyak.

Sementara filter udara basah juga terbuat dari kertas, tapi lebih tebal dan dilapisi pelumas khusus.

Nah pelumas inilah yang fungsinya mengurangi kotoran yang masuk ke ruang bakar. Jika dicuci, maka pelumasnya bakal luruh.

Singkatnya. Kalo filter udara sampai rusak, maka harus segera diganti karena fungsinya bakal hilang.

Baca juga

Fungsi Filter Udara

Komponen filter berfungsi utama menyaring kotoran dan debu yang masuk ke mesin. Karena ketika terjadi proses pembakaran, sistem injeksi atau karburator itu butuh udara yang bersih. Maka itu, filter berperan dalam membantu pembakaran di mesin jadi lebih optimal.

Sebaliknya, andaikan filter udara itu kotor,maka fungsinya pasti gak optimal. Jangan heran kalo kinerja injektor atau karburator ikutan terganggu.

Bagaimana Membersihkan yang Tepat?

Filter udara kering cuma bisa dibersihkan pakai angin atau kompresor. Sementara filter basah, meskipun kotornya cuma sedikit, mesti buru –buru dibersihkan pakai kuas lembut.

Baca juga

Gak Usah ke Bengkel

Untuk langkah pembersihannya bisa dilakukan sendiri di rumah. Gak perlu ke bengkel.

Pertama sobat cuma perlu  melepas penutupnya, kemudian semprot menggunakan tenaga angin dari kompresor.

Jika kesulitan atau gak punya kompresor, bisa juga membersihkan filter pakai kuas halus.

Kedua, luruhkan seluruh debu yang tertinggal. Pastikan semua besi-besi yang ada di filter gak luput dari sapuan kuas atau angin.

Jika sudah, maka sobat tinggal membersihkan bagian-bagian serat. Pastikan gak ada debu tersisa, termasuk pada bagian boks atau tempat diletakannya komponen filter. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan