Motor, Tips

6 Tanda Sepeda Motor Kurang Perawatan

motor berasap kurang perawatan

Bagus tidaknya perawatan sepeda motor menentukan usia pakainya. Jika motor kurang perawatan, akan muncul tanda-tanda kerusakan seperti 6 hal berikut.

Keluar Asap Putih

Menurut Endro Sutarno, Technical Service Divison PT Astra Honda Motor (AHM), keluarnya asap putih dari sepeda motor menandakan fungsi gas buang motor sudah berkurang. Penyebab munculnya asal putih dari knalpot ini ada banyak.

Namun, jika volume asap yang keluar sangat banyak dan berlangsung terus-menerus, maka bisa dipastikan terjadi masalah di bagian silinder motor.

Silinder Motor Aus

Silinder motor yang kotor atau aus bisa berakibat kotoran masuk ke ruang bakar. Ini kerap terjadi karena saringan udara motor sering abai dibersihkan, pergantiannya tidak teratur, atau bahkan belum diganti sama sekali.

Oli Mesin Gampang berkurang

Mirip-mirip silinder motor aus, periode penggantian oli yang jarang diperhatikan akan membuat volume oli yang terdapat di mesin berkurang. Ini selanjutnya bisa mempercepat keausan dalam mesin yang berujung munculnya asap.

Baca juga

Suara Berisik

Pemakaian rutin motor pasti bikin mesin lama-kelamaan aus. Tapi keausan bisa terjadi lebih cepat lagi jika kurang perawatan. Dan salah satu tandanya adalah suara berisik. Penyebabnya macam-macam mulai dari oli kelewat lama diganti, busi yang aus, atau timing chain.

Akselerasi  Lemot

Nah, jika tanda-tanda di atas sudah muncul, lalu ditambah brebet dan akselerasi motor terasa lemot alias tarikannya gak senendang dulu, tandanya ada masalah di bagian saringan bahan bakar.

Jika tetap dibiarkan nantinya oli bisa terbakar habis, sehingga ausnya makin banyak dan menyebar ke semua komponen.

Turun Mesin

Turun mesin itu boleh jadi buah masalah dari seluruh pertanda di atas.

Tanda yang paling kentara, motor susah menyala di pagi hari padahal kick starter udah digenjot dan choke udah ditarik.

Banyak yang mengira motor susah nyala itu lantaran kedinginan, padahal tidak. Ini tandanya ada yang salah di karburator, atau di setelan klep, atau bisa juga di busi motor.

Gak kalah sering, adalah motor menolak stasioner alias mati ketika gasnya dilepas. Selain menjengkelkan, ini bisa membahayakan keselamatan.

Baca juga

Solusi: Segera Bawa ke Bengkel

Nah, kalo sobat menemui tanda-tanda motor kurang perawatan seperti tadi, Endro menganjurkan segera cek motor ke bengkel resmi. Jangan tunggu lama supaya biaya perbaikannya gak membengkak.

Di bengkel, jelas Endro, motor bakal dicek tekanan kompresinya. Misalkan terlalu rendah atau ada kebocoran, bisa ketahuan bahwa yang rusaknya di bagian piston atau seal klepnya. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan