Kustom, Motor, Tips

Gak Semua Pelek Racing Ideal Buat Ban Tubeless

ban tubeless pelek racing

Perawatan ban tubeless kerap dianggap lebih mudah dan gak gampang kempes jika kena paku. Tapi nyatanya gak semua pelek palang sepeda motor atau biasa disebut pelek racing dibuat ideal untuk ban tubeless.

Melansir laman Suzuki, pelek racing untuk ban tubeless biasanya dibuat khusus. Ciri utamanya bisa dikenali dari tulisan “For Tubeless” atau disematkan kode MT sebelum lebar pelek.

Contohnya, apabila di pelek tertera kode tulisan MT1.65, berarti pelek tersebut memang diperuntukkan buat ban tubeless.

Hal itu dibenarkan Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire. Kata dia, pabrikan pelek gak berani mengeluarkan pelek racing khusus tanpa menyematkan kode.

ban tubeless pelek racing

Baca juga

Masyarakat Belum Paham Kode Pelek

Meski begitu, Dodi berpendapat belum banyak masyarakat yang paham soal kode pelek buat ban tubeless ini. Bukan cuma konsumen, tapi juga sejumlah pedagang merek aftermarket.

Di media sosial saja, kisah Dodi, banyak konsumen yang kerap mengeluh ban tubeless sudah bocor halus padahal baru dibeli selama dua minggu. Ternyata setelah dicek, masalahnya memang pelek racing itu salah peruntukan.

Bagaimanapun, memasang ban tubeless di pelek yang bukan seharusnya cepat atau lambat pasti bakal mengalami bocor halus. Pun jika bisa terpasang tanpa bocor pasti jadi kurang efektif.

Baca juga

Kenapa kurang efektif?

Menurut Dodi, pemilihan ban yang tepat berkaitan erat dengan nilai ekonomis. Harga ban tubeless itu lebih mahal dibanding jenis lainnya. Kalo dipasang di pelek yang gak sesuai pasti ada saja ruginya.

Begitu pun menggunakan ban tubeless di pelek jari-jari yang wajib menggunakan ban dalam lagi, atau memodifikasi peleknya. Bisa terbayang, biaya tambahan yang mesti dikeluarkan bakal berkali-kali lebih mahal.

Maka itu, bagi Kawan Parjo yang ingin mengganti pelek sepeda motor kesayangan, ada baiknya lihat-lihat dulu jenis ban. Lebih baik lagi jika berkonsultasi dulu dengan mekanik di bengkel resmi supaya tetap aman saat ganti ban. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan