Event, Liputan Khusus

Parjo x GIIAS Makassar 2019: Suarakan Pergerakan Kreatif, Tak Melulu Soal Pameran

Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di kota Makassar telah rampung, setelah dimulai pada Rabu (11/9) hingga Minggu (15/9) di Celebes Convention Centre.

Tapi ada yang tak biasa pada GIIAS Makassar 2019 tahun ini. Keterlibatan Parjo memberikan warna tersendiri di ajang itu dengan menciptakan dan mengundang pergerakan kreatif masyarakat Makassar.

Tak seperti pameran otomotif berskala internasional lainnya yang lazim tampil normatif, atau itu-itu saja. Dengan hadirnya Parjo, ajang itu terlihat lebih memiliki warna melalui ragam konten yang sama sekali beda dari GIIAS Makassar di tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga

Pergerakan Kreatif

Lalu yang menjadi pertanyaan, seperti apa pergerakan kreatif yang mereka usung yang katanya bikin beda?

Sederhananya seperti diungkap Agus Gusno, Founder Parjo, bahwa pihaknya ingin merangkul pergerakan-pergerakan kreatif di kota itu yang sebelumnya tak tersentuh.

Dengan kolaborasi Parjo x GIIAS Makassar 2019, maka akan didapat nilai tambah yang memberikan dampak pada pergerakan kreatif dalam skala industri.

Beberapa di antaranya melibatkan komunitas kreatif, seperti Makassar Creative Movement, serta bentuk penghargaan lain melalui Kastem Pick Award.

Sosok yang akrab disapa Gusno itu menilai, bahwa harus ada yang mewadahi pergerakan kreatif di tiap tiap daerah–dalam hal ini khususnya di Makassar–guna mendorong terus pergerakan kreatif yang secara kasat mata tak bisa dilepas dari industri itu sendiri.

Momentum ini juga menjadi jembatan bagi para pelaku industri untuk melihat betapa pergerakan kreatif begitu memberikan dampak yang luar biasa bagi industri.

Pendek kata, industri apapun bentuknya tak melulu bicara soal pameran, penjualan, nilai, dan angka, tapi juga harus melibatkan pergerakan kreatif.

”Untuk itulah Parjo hadir, dan kedepannya diharapkan dapat melakukan hal yang lebih besar lagi untuk pergerakan kreatif masyarakat Makassar”

–Gusno–

Baca juga

Konten dan Aktivitas

Selain mengundang pergerakan kreatif masyarakat Makassar, Parjo x GIIAS Makassar 2019 juga memberikan beragam konten yang seru dan menarik.

Di antaranya adalah aktifitas grafiti yang secara apik diperagakan oleh Ones Yeah!, Creative Director Kawan Parjo.

Pria pemilik nama lengkap Suryo Hananto itu berharap dengan apa yang dilakukannnya bisa memberikan inspirasi positif bagi pergerakan kreatif masyarakat Makassar.

Hal serupa juga dilakukan Rizky Aditya Nugroho, atau akrab disapa Jablay di kalangan pergerakan kreatif.  Penggagas Bujangan Urban itu juga memiliki harapan yang sama dengan Ones.

Sementara dari kalangan pengamat industri otomotif Indonesia yang diwakili oleh Fitra Eri bakal berbicara soal industri dan masa depan otomotif Indonesia.

Menurut I Made Panji Winata selaku head project event Parjo x GIIAS Makassar 2019, pihaknya ingin mengajak kalangan komunitas mobil dan motor yang ada di Makassar.

”Di sini kan ada  mobil retro classic, motor custom  dan vespa. Sehingga kegiatan ini bisa mengangkat potensi para komunitas lokal yang ada di Makassar, seperti komunitas creative culture,” terangnya, seperti dikutip dari Terkini.id.

Ragam konten yang disajikan, sambung Made–sapaan akrabnya–juga merupakan sarana untuk komunitas bisa saling mengapresiasi satu-sama lain.

Salah satu caranya adalah mereka ditantang untuk membuat trophy yang akan diberikan kepada lawan mereka.

”Jika pada umumnya dalam sebuah kontes akan saling adu, maka kali ini para komunitas akan saling mengapresiasi,”

–Made–

Tak hanya sampai di situ, keseruan lainnya adalah konvoi motor yang berjuluk Smiling Riding yang menciptakan kehebohan tersendiri.

Baca juga

Mural Penghormatan

Hal lain yang menjadi salah satu bentuk respek dan apresiasi dari pelaku pergerakan kreatif itu adalah mural penghormatan untuk almarhun BJ Habibie yang berpulang pada Rabu (11/9) di RSPAD Jakarta.

Tokoh bangsa itu memang cukup memberikan kebanggaan, khususnya bagi masyarakat Sulawesi atas prestasinya, baik di Indonesia maupun dunia.

Apresiasi itu diciptakan oleh Ritusstore dan Celebesgraffiti yang karya-karyanya sudah cukup populer di seantero Sulawesi.

 

Sampai Jumpa Tahun Depan!

Sudah tentu apa yang terjadi di Makassar khususnya di ajang GIIAS Makassar 2019 tak akan pernah dilupakan oleh semua pihak. Terlebih para penggiat kreatif serta kalangan komunitas.

Tahun ini menjadi tahun yang spesial bagi masyarakat Makassar pencinta otomotif, pelaku kreatifitas, dan tentunya para komunitas kendaraan, baik itu kendaraan anyar maupun kendaraan klasik.

Selain konten dan aktivitas yang telah dijabarkan tadi, pengunjung yang menebus tiket sebesar Rp10 ribu juga mendapatkan beragam tampilan pameran yang interaktif selain peluncuran mobil baru, dst.

Lengkapnya, Kawan Parjo bisa mengklik tautan ini atau yang ini untuk melihat ragam keseruan ajang tahunan tersebut.

So.. Sampai Ketemu di Parjo X GIIAS Makassar tahun depan. (Tim Parjo)

Related Posts

Tinggalkan Balasan