Mobil, News

Mobil Terlaris di Dunia Bukan Segmen MPV

Mobil terlaris dunia 2019

Beda halnya dengan mobil keluarga seperti low MPV (Multi Purpose Vehicle) yang jadi buruan utama masyarakat Indonesia, penduduk global justru lebih menggandrungi sedan, SUV dan pikap. Tahun ini, mobil terlaris di dunia adalah sedan.

Hal itu diungkap oleh JATO Dynamics, suatu penyedia data untuk analisis tren pasar, spesifikasi kendaraan dan harga mobil. JATO mengumpulkan data  dari 53 pasar otomotif dunia dan merilis daftar mobil terlaris secara global sepanjang 6 bulan pertama tahun 2019.

Baca juga

Mobil Terlaris Dunia

Menurut data JATO Dynamics, mobil paling laris di dunia nomor wahid adalah Toyota Corolla. Sepanjang Januari-Juni 2019, Toyota melepas sebanyak 514.454 unit Corolla.

Di posisi kedua masih diisi mobil Toyota, tapi dari segmen SUV yaitu RAV4. Toyota RAV4 berhasil terjual sebanyak 434.906 unit.

Lalu di posisi tiga dan empat, ditempati pesaing Toyota yang sama-sama berasal dari pabrikan Jepang. Yakni secara berurutan, Honda Civic yang terjual 405.142 unit dan Honda CR-V yang dilepas sebanyak 391.534 unit.

Segmen MPV Tak Masuk Peringkat

Namun, hingga mencapai posisi kelima yang ditempati mobil Ford F-150, sama sekali tak ada mobil dari segmen MPV yang terjual laris manis di pasaran dunia.

Bahkan, dari daftar 20 mobil terlaris versi JATO Dynamics ini, sama sekali tak ada dua MPV yang paling diburu masyarakat Indonesia.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) per Januari-Juni 2019, Mitsubishi Xpander menduduki posisi wahid mobil paling diburu dengan produksi sebanyak 61.313 unit.  Sementara posisi mobil terlaris kedua ditempati Avanza sebanyak 53.869 unit.

Jumlah mobil yang diproduksi masing-masing pabrikan selama Semester I 2019 itu juga mencakup versi ekspornya.

Kompetisi MPV  di Indonesia Sangat Ketat

Namun, jika merujuk data Gaikindo selama dua tahun terakhir, peta kompetisi MPV tiap bulannya terus berubah-ubah. Tak ada posisi yang bisa dibilang betul-betul aman.

Misalnya, mencatut data Gaikindo per Juli 2019 untuk penjualan Low MPV, posisi teratas ditempati Avanza (7.848 unit), kedua Xpander (5.775 unit), disusul Suzuki Ertiga (2.095 unit). Lalu di posisi enam juga ada Wuling Confero dengan penjualan 728 unit.

Baca juga

Wuling Convero Sempat Masuk 20 besar

Nah, MPV asal China yang secara global dijual dengan nama Wuling Hongguang itu tadinya sempat menyabet 20 besar mobil terlaris dunia versi JATO Dynamics di semester I tahun 2018. Tepatnya di posisi 19 dengan penjualan 245.136 unit.

Sayang, selama periode Januari sampai Juni 2019, penjualan Wuling Convero di dunia versi JATO Dynamics cuma mencapai 179.408 alias menurun nyaris 30 persen dari sebelumnya.

Ini membuat posisi wuling yang sanggup mewakili segmen MPV sebagai salah satu mobil terlaris di dunia justru harus terdepak.

Saat ini, berlandaskan data JATO, posisi ke-19 ditempati Volkswagen Lavida (236.899 unit), dan di posisi paling buncit diisi Mercedez-Benz C Class yang penjualannya berjumlah 234.493 unit. Ini masih lebih tinggi ketimbang pencapaian penjualan Wuling Confero sebelumnya. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan