Mobil, Motor, Tips

Jangan Salah, Ban Gak Punya Masa Kedaluwarsa

masa kedaluwarsa ban

Belakangan, rentetan insiden kecelakaan akibat pecah ban kerap dikaitkan dengan habisnya masa kedaluwarsa atau masa pakai ban.

Padahal, berbeda dari anggapan umum, ban sama sekali gak punya masa kedaluwarsa.

Angka Masa Kedaluwarsa Kode Produksi

Sebagaimana dijelaskan Zulpata Zainal, On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, bahwa angka-angka pada dinding ban motor atau mobil yang sering dianggap sebagai masa kedaluwarsa.

Padahal itu sebetulnya adalah kode produksi untuk menunjukkan berakhirnya masa jaminan ban.

”Ban itu bukan seperti makanan yang punya kedaluwarsa. Jadi tidak bisa basi,” ujarnya.

Lanjut Zulpata, ban gak bakal basi lantaran proses pembuatannya berasal dari bahan mentah yaitu material dasar karet alam yang sintetis serta puluhan komponennya benar-benar matang.

Baca juga

Fungsi Kode Produksi

Sementara kode produksi bisa berhubungan dengan banyak hal. Misalnya untuk mengetahui ban dibuat pada minggu ke berapa serta tanggal dan tahun berapa.

Ini berguna dalam memudahkan produsen melakukan pelacakan pembuatan andai terjadi cacat produksi dan sebagainya.

Hal itu dibenarkan Manager Training PT Sumi Rubber Indonesia (Dunlop) Bambang Herman Muhadi.

Masa Jaminan Berlaku Sampai 5 Tahun

Menurut Bambang, semua pabrikan ban di Indonesia yang dipayungi APBI (Asosiasi Perusahaan Ban Indonesia) sudah sepakat bahwa ban tidak memiliki kedaluwarsa.

Akan tetapi tapi memiliki masa jaminan yang berlaku antara tiga sampai lima tahun setelah ban diproduksi.

masa kedaluwarsa ban

Robby Unggul, Leader Quality Assurance¬†Hankook¬†Tire Indonesia mencontohkan, misalnya jika ada kode produksi ban bertuliskan ‘0914’, berarti ban itu sudah diproduksi lima tahun lalu, atau tepatnya pada minggu kesembilan tahun 2014.

Perawatan Ban Lebih Penting

Intinya, kata Bambang, ban selama dirawat, disimpan, dan dipakai dengan baik seperti tidak kena panas dan lembap serta rutin dibersihkan pasti tetap bisa digunakan. Bahkan tahan lama sekaligus awet.

Baca juga

Kerusakan Ban Bukan Karena Kedaluwarsa

Sebaliknya, Zulpata juga tak memungkiri jika ban juga bisa rusak seiring waktu, bahkan bila tergolong masih baru.

Selain soal perawatan dan pemakaian, ban bisa gampang rusak lantaran pengerasan karet ban di mana material karetnya mulai terasa getas dan kelenturannya berkurang.

Ini biasanya terjadi setelah tiga tahun pemakaian, tapi masih tergolong wajar karena pemakaian terus-menerus pasti memicu perubahan suhu pada ban. Jadi tidak benar kalau ban rusak karena kedaluwarsa. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan