Mobil, News, Tips

Trik Menghilangkan Baret di Kaca Mobil

baret kaca mobil

Baret di kaca mobil bukan cuma menganggu pandangan, tapi juga kenyamanan berkendara.

Banyak hal bisa menimbukan baret mulai dari penggunaan wiper dalam kondisi kering, goresan batu atau debu dan kotoran yang menempel terlalu lama, sampai karet wiper yang sudah getas lantaran kerap terpapar matahari.

Bila baret di kaca terlihat parah, baiknya segera bawa ke salon mobil atau bengkel glass detailing. Di sana lapisan kaca akan dikikis sehingga kembali sempurna dengan harga Rp350-400 ribu buat kaca depan saja.

Namun, jika skala baret tergolong ringan, ada trik mudah menghilangkan baret kaca mobil tanpa perlu biaya mahal.

Baca juga

Pakai Kompon

Kompon buat bodi mobil juga bisa dipakai di kaca untuk menghilangkan baret. Bahkan membuatnya tampak mulus.

Caranya, cukup oleskan kompon di bagian kaca yang baret, lalu gosok perlahan pakai kain lembut. Namun, trik ini punya kekurangan.

Karena bahan dasar kompon mengandung minyak, jangan heran bila kaca justru menjadi buram ketika terkena hujan. Hal ini bisa berlangsung beberapa hari setelah pengaplikasian kompon.

baret kaca mobil

Pakai Cerium Oxide

Poles kaca sekaligus pengkilap yang mengandung senyawa Cerium Oxide banyak dijual di toko online. Rata-rata dibanderol Rp30-50 ribu.

Cara mengaplikasikannya mudah. Setelah kaca mobil dibersihkan dari debu dan kotoran lain, kemudian basahi seluruh permukaan kaca. Dalam kondisi basah, amplas perlahan bagian baret sampai lapisannya rata.

Membasahi kaca saat mengamplas penting guna memperkecil kemungkinan gesekan.

Setelah itu, oleskan cerium oxide yang sudah dicampur air—jangan terlalu kental atau encer–ke bagian baret menggunakan kain lembut atau alat poles khusus untuk bodi mobil.

Pastikan pemolesan cerium oxide agak ditekan agar menyerap, dan jangan mengenai pinggiran kaca dengan melapisi pakai koran. Setelahnya lap sampai kering.

Pakai Amonia

Cairan Amonia bisa ditemukan di apotek atau toko bahan kimia. Langkah pengaplikasiannya mirip-mirip Cetrium Oxide. Untuk campurannya, aduk 15 ml amonia dalam setengah liter air sampai rata. Lalu celup kain bersih berbahan katun ke dalam cairan, dan gosokkan pelan-pelan pada baret.

Setelah baret kelihatan samar diamkan beberapa saat agar cairan ammonia menyerap, lalu bersihkan.

Catatannya, ammonia termasuk cairan kimia keras. Jadi, jika langkah perlu diulangi lantaran baret belum hilang, sebaiknya konsentrasi campuran diturunkan. Jangan terlalu banyak dan pastikan tidak mengenai bagian lain.

Baca juga

Manfaatkan Pasta Gigi

Cara ini paling sering dilakukan saat kepepet. Sobat cuma perlu pasta gigi yang mengandung pemutih, ambil secukupnya dan oleskan langsung pada baret pakai jari tangan atau handuk kering.

Kemudian diamkan sebentar, bersihkan pakai air, dan biarkan mengering sendirinya.

Kekurangannya, menghilangkan baret di kaca pakai pasta gigi perlu dilakukan berulang kali. Jadi, jika baret belum kunjung hilang, jangan putus asa mengulangi ya, sob. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan