Mobil, Tips

Kiat Merawat Aki Mobil Biar Tetap Awet

Aki bekerja layaknya baterai yang berfungsi menyuplai kebutuhan listrik di mobil. Rata-rata pemakaian aki biasanya sekitar tiga tahun, tapi sebetulnya bisa lebih panjang.

Sebab itu, perawatan aki mesti rutin supaya kondisinya selalu prima. Biar tetap awet, berikut kiat-kiat merawat aki mobil.

Biasakan Matikan Komponen Kelistrikan

Komponen kelistrikan seperti lampu, audio, dan AC baiknya selalu dimatikan sebelum menyalakan mesin atau starter mobil, pun ketika mesin akan dimatikan.

Kebiasaan ini bisa mengurangi beban aki sekaligus mempertahankan muatan listrik di aki.

Sebab, menyalakan mesin pasti butuh arus yang sangat besar dari aki. Jika komponen kelistrikan keseringan dibiarkan hidup, nantinya bukan cuma daya aki yang terkuras, sistem listrik mobil pun bisa ikut rusak.

Rutin Panaskan Mesin Mobil

Rutin memanaskan mobil, lebih-lebih jika jarang dipakai, bisa menjaga tenaga aki tetap terisi.

Sebaliknya, jarang memanaskan mobil bisa bikin aki drop saat digunakan kembali dan bahkan sampai kering lantaran aki tidak memiliki daya listrik.

Periksa Level Aki

Air aki mesti sering diperiksa. Pastikan tingginya berada di antara level atas dan bawah.

Jika air aki ini berada di bawah level atau bahkan sampai habis, jangan heran jika aki gampang tekor atau rusak.

Cek Kondisi Terminal Aki

Cek kondisinya secara berkala. Pastikan gak ada yang kendur, pun bebas dari karat dan kerak putih.

Kondisi-kondisi itu bisa menyebabkan aliran listrik tidak sempurna sehingga memperpendek umur aki. Lebih fatal lagi, aki bisa sampai meledak.

Bersihkan Karat dan Kerak yang Muncul

Membersihkan karat tidak sulit.  Cukup pakai sikat kawat, lalu oleskan oli gemuk (grease) pada terminal aki untuk mencegah karat muncul lagi.

Sementara untuk membersihkan kerak putih, cukup gunakan air panas lalu siram ke bagian berkerak hingga rontok. Bila perlu, pakai sikat kawat juga boleh. Terakhir, lap permukan basah dengan kain kering.

Andaikan tak sempat membersihkan sendiri, disarankan untuk rutin mengecek dan membersihkan terminal aki mobil ke bengkel.

Cek Pengikat Aki

Posisi aki mesti diikat kuat agar tidak gampang bergeser dan akhirnya mengendur.

Rajinlah Memeriksa Aki

Rajin memeriksa aki diperlukan agar permasalahan pada aki bisa terdeteksi dini. Misalnya, bila ditemukan kebocoran, sobat bisa segera mengeringkan dan membersihkan area tersebut.

Namun, bila sudah parah baiknya segera mengganti saja dengan aki baru atau membawanya ke bengkel untuk diservis. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan