Komunitas, Mobil, News, Tips

Jangan Asal Menjajal Medan Off-Road, Ini Tips Buat Pemula

tips offroad

Berkendara di lintasan berbatu, pasir berlumpur, tanah, hingga yang terjal tentu berbeda dan lebih menantang dibanding mengemudi mobil di jalan lurus beraspal. Karenanya, menjajal medan offroad membutuhkan keahlian khusus.

Meski begitu, offroader pemula yang tertarik dengan olahraga menggunakan mobil 4×4 ini juga bisa mulai mencoba. Syaratnya, kuasai tips berikut supaya bisa mengantisipasi kesulitan di lintasan.

Ikuti Komunitas Off Road

Kawan Parjo yang murni pemula alias gak pengalaman dan baru pertama mencoba, jangan asal menjajal trek offroad sendirian lantaran berbahaya.

Sebaliknya, disarankan bergabung dulu dengan klub atau komunitas. Boleh juga menumpang offroader lain yang sudah berpengalaman.

Saran ini merupakan pilihan terbaik karena bisa menambah ilmu sekaligus pengalaman. Bagi khalayak umum, standar keselamatan untuk offroad minimal berdua dan lebih baik lagi jika bertiga.

Baca juga

Pahami Jenis Medan

Trek offroad punya banyak jenis. Di antaranya fun offroad, extreme offroad, speed offroad, adventure offroad dan touring offroad. Tiap trek tantangannya berbeda.

Maka itu, pahami dulu medan yang bakal ditempuh untuk menentukan jenis kendaraan yang dibutuhkan, sekaligus memperhitungkan kemampuan sebelum menjajal trek.

Kuasai Teknik Umum

Dari sekian banyak teknik offroader profesional, ada setidaknya 3 teknik menjajal medan offroad yang wajib diketahui pemula.

Pertama,biar gak terjebak rintangan, turun dan cek dulu kondisi medan tanpa kendaraan. Misal, saat bertemu lintasan air macam sungai, cek dulu kedalaman air dan amati seberapa deras alirannya sebelum menyebrang pakai mobil.

Kedua,selalu rileks dan jangan panik.Tiap kali menghadapi ataupun terjebak rintangan, tarik napas dalam dan pikirkan cara meloloskan diri.

Ketiga, di medan menanjak atau menurun baiknya pakai kecepatan rendah. Semakin pelan berkendara bakal semakin mudah mobil dikendalikan.

Baca juga

Perhatikan Keamanan

Keamanan dan keselamatan gak boleh diabaikan karena ini risiko terbesar berkendara offroad.

Di samping menguasai teknik berkendara offroad, cara paling mudah adalah dengan memahami dan memanfaatkan berbagai fitur canggih yang ada dalam mobil.

Beberapa yang umum contohnya Hill Launch Assist (HLA), untuk membantu menahan kendaraan saat berhenti di tanjakan.  Lalu Hill Descent Control (HDC) bisa mengontrol kecepatan ketika jalanan menurun.

Ada pula Electronic Stability Control (ESC) yang fungsinya mengaktifkan tekanan rem sekaligus mencegah kendaraan kehilangan kendali saat tergelincir.

Bawa BBM Cadangan

Menyiapkan dan membawa BBM cadangan penting karena kita gak pernah tahu bagaimana medan offroad. Seringnya ketersediaan bahan bakar bakal sulit ditemui. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan