Event, Mobil, Tips

Niat Beli Mobil Tua? Jangan Lupa Cek Bagian-Bagian Ini

Kawan Parjo suka mobil tua dan berniat membelinya? Maka ada baiknya perhatikan beberapa hal terkait kondisi fisik, komponen, dan suku cadang kendaraan.

Kondisi mobil tua memang tak seperi kendaraan gres, khususnya yang sudah berusia di atas lima tahun. Hal tersebut wajar, mengingat komponenya sudah termakan waktu.

Nah, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan oleh peminat mobil tua yang usianya di atas 5 tahun.

Cek Eksterior

Hal yang paling utama dan kasat mata adalah soal eksterior. Elemen yang paling mendasar adalah soal cat kendaraan, apakah masih menggunakan cat orisinal atau sudah di cat ulang (repaint).

Kebanyakan mobil tua yang berasal dari komunitas atau kolektor, umumnya memiliki cat yang cukup terawat.

Bahkan penampilannya boleh dibilang lebih ‘kinclong’ ketimbang mobil baru. Hal tersebut karena para kolektor atau member komunitas menilai mobil tua sebagai aset yang harus dijaga.

Nah, jika Kawan Parjo mendapatkan kondisi mobil tua seperti ini, bisa dipertimbangkan untuk membelinya.

Kemudian cek juga beberapa bagian lain, seperti karet pelapis, mika lampu, dan list bodi yang umumnya terbuat dari logam. Apakah bagian-bagian itu cukup terawat atau tidak.

Bagi sebagian pemilik mobil tua, tentunya beberapa komponen tadi tak lepas dari perhatian. Karenanya gak heran, jika untuk mendapatkan suku cadang (sparepart) mobil membutuhkan waktu yang tak sebentar.

Hal lain yang tak boleh diabaikan dalam mengecek mobil tua yang dijual adalah soal engsel pintu, apakah terawat baik atau tidak.

Baca juga

Cek Interior

Setelah puas mengecek bagian luar mobil, saatnya untuk melihat bagian dalam, alias interior.

Hal utama yang menjadi perhatian adalah jok kendaraan apakah masih orisinal atau tidak. Kemudian bagian dasbor serta fungsi dari beberapa fitur di dalam kabin.

Jangan lupa cek penutup kaca pintu. Rasakan apakah engselnya masih bisa berfungsi dengan baik atau tidak.

Soal karet pelapis (seal), fungsinya pun relatif krusial, karena bisa memengaruhi banyak hal.

Mulai dari kaca mobil yang sulit dibuka, kabin bocor ketika hujan, hingga tingkat kedap suara interior yang berkurang, semuanya bisa disebabkan karet yang getas karena cuaca dan waktu.

Hal terakhir, adalah kondisi bagian atap mobil alias plafon. Pastikan kondisinya layak dan baik.

Cek Mesin

Hal utama yang kerap terjadi pada mesin mobil tua adalah olinya yang merembes. Sejatinya Mesin mobil yang sudah tua tentu sudah tidak sesempurna atau sehalus mesin mobil baru.

Nah, jika kebocoran terjadi pada sistem pelumasan, tentu berdampak pada volume oli akan berkurang.

Semakin sedikit volume oli, pastinya bagian-bagian mesin akan semakin rentan rusak. Jika ini dibiarkan, maka akan terjadi kerusakan yang lebih besar.

Selain itu, tetesan oli yang keluar dari mobil juga jadi berbahaya bagi pengguna jalan lain, karena membuat permukaan jalan menjadi licin.

Cek Kaki-kaki

Hal lain yang tak boleh abai dalam meminang mobil tua adalah soal kaki-kaki, seperti suspensi, ban, dan pepek. Sepanjang umurnya, tentunya bagian-bagian inilah yang bersentuhan langsung dengan aspal, serta menahan berat beban kendaraan.

Gejala rusaknya kaki-kaki mobil bervariasi, mulai dari setir bergetar, mobil limbung saat berjalan, atau bunyi-bunyi yang cukup mengganggu saat setir dibelokkan.

Cek Transmisi

Bagian lain yang juga tak boleh lepas dari pengamatan adalah soal transmisi pada mobil tua yang umumnya berjenis manual.

Salah satu gejala transmisi bermasalah adalah respons kendaraan yang lambat, susah pindah gigi, hingga pemindahan transmisi yang slip.

Hal hal tadi tentunya sangat berbahaya ketika mobil sedang dipacu, terlebih saat kecepatan tinggi, di tol misalnya.

Baca juga

Cek Kelistrikan

Mesin mobil susah distarter? AC gak dingin? Lampu sering mati? Bisa jadi mobil itu memiliki masalah kelistrikan.

Penyebabnya bisa jadi karena tegangan arus listrik aki yang kurang atau bahkan telah habis, aki yang berkarat, kotor, atau kendor, masalah busi, hingga kompresi mesin yang terlalu rendah.

Itulah beberapa hal yang mesti diperhatikan jika ingin membeli mobil tua, tentunya harus dipersiapkan juga kocek yang nggak sedikit untuk merawat mobil berumur itu.

Pesta Mobil Tua

Nah, buat Kawan Parjo yang gandrung atau mengincar mobil tua, akhir pekan ini bisa menyambangi Parjo Movement di GBK Parkir Timur Senayan, tanggal 27-29 September 2019.

Di sana, Kawan Parjo bisa mendapati jejeran penjual mobil-mobil tua yang hingga saat ini tercatat ada 90 mobil klasik yang siap dijual. (man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan