Motor, Tips

Tips Mencari Moge Tua Berkualitas

moge tua

Kawan Parjo yang lagi nyari motor gede alias moge tua berkualitas gak perlu bingung lagi. Berikut sejumlah tips buat mendapatkan moge impian.

Instal Parjo Apps Aja

Aplikasi besutan Parjo yang meluncur Bulan Juli 2019 ini memang punya tugas utama mempermudah transaksi jual beli kendaran tua yang sudah dikonfirmasi kualitasnya, termasuk moge.

Keunggulannya banyak. Mulai dari menyajikan offline-online exhibition, sampai menjembatani  komunikasi antara penjual dan pembeli.

Misalnya dalam menemukan barang-barang lifestyle otomotif, maupun menjual dan  mengiklankan produk ke pasar yang relevan.

Nah, mengingat berburu moge bekas sering kali banyak tantangannya, dan klo gak paham kondisi moge bisa-bisa motor incaran justru menyimpan masalah, cukup install aja Parjo Apps sekarang.

Baca juga

Perhatikan Cat

Namun, bukan berarti Kawan Parjo gak mengecek sendiri kualitasnya juga.

Hal pertama yang wajib dicek adalah kondisi cat motor. Apakah repaint atau gak. Repaint serapi apapun pasti pasti beda dibanding aslinya.

Ibarat beda kulit jeruk, warna terangnya juga beda. Karakter Eropa punya kulit jeruk lebih banyak ketimbang Jepang. Jepang umumnya lebih shiny.

Memperhatikan kondisi cat juga bisa memperlihatkan karakter penjual yang jujur atau tidak. Andaikan kita tahu motor itu kondisi repaint, lalu si penjual bilang motornya gak pernah jatuh dan catnya masih asli, maka itu perlu diwaspadai.

Berarti ada bahan bahwa dalaman motornya juga bermasalah.

Periksa Sasis

Selain cat, periksa juga bagian sasis. Buat moge tua atau baru sama saja. Yang pertama mesti dicek adalah sasis bagian depan. Sementara pengecekan sasis bagian belakang bisa dibuka bagian single seat-nya.

Cek Baut

Bagian baut pun gak boleh luput dari pemeriksaan. Karena seapik apapun buka baut pasti ada tapaknya. Maka itu, baut engine mounting mesti diperiksa. Telusuri apa terdapat bekas buka baut atau gak.

Misalnya, cek cover kopling sudah dibuka atau belum. Cek juga kilometernya berapa. Andai kata baru jalan 2.000 km, pasti gak mungkin cover kopling sudah dibuka.

Jika terbuka, menandakan cover kopling itu kilometernya sudah diakali dengan dimundurkan.

Baca juga

Manfaatkan Diagnostic Tool

Kawan Parjo yang punya diagnostic tool jangan lupa minta izin pemilik motor sebelum mengecek.  

Perlu diingat juga, alat ini bukan berarti menjamin 100 persen barang bagus. Karena mekanikalnya gak selalu terdeteksi dan perlu terlatih juga mendeteksi bagaimana suara mesin dan sebagainya.

Tanda-tanda pemakaian lain untuk moge tua berkualitas juga bisa dilihat dari kondisi gear, rantai, bagian-bagian ban, dan tahun produksi ban. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan