Mobil, Motor, News, Uncategorized

Perempuan Lebih Fokus Nyetir Dibanding Laki-laki

perempuan lebih fokus mengemudi

Kita semua tahu bahwa berkendara pasti butuh konsentrasi tinggi. Namun, bicara soal siapa yang lebih fokus saat nyetir, ternyata perempuan lah jawabannya.

Menurut studi baru, laki-laki lebih gampang gagal fokus saat mengemudi karena bosan dan akhirnya melakukan hal-hal sepele tapi berbahaya.

Makan dan Minum Sambil Nyetir

Melansir CarScoops, dari 2.214 pengemudi perempuan dan laki-laki berusia 18-65 tahun di AS yang dilibatkan dalam survei, terungkap bahwa mayoritas pengemudi (70 persen) sebetulnya punya kecenderungan  terdistraksi kegiatan mengganggu saat berkendara.

Kedua jenis kelamin ini–58,9 persen laki-laki dan 58,2 responden perempuan, mengatakan mereka pasti makan dan minum saat mengemudi.

Padahal, Badan Keselamatan Lalu Lintas AS (National Highway Traffic Safety Administrations/NHTSA) telah memperingatkan kemungkinan kecelakaan bisa meningkat hingga 80 persen ketika mengemudi sambil makan dan minum.

NHTSA juga punya bukti bahwa 65 persen kecelakaan di jalan berawal dari sekadar mengonsumsi makanan dan minuman.

Di luar itu, catatan lain buat kaum Adam jauh lebih buruk.

Baca juga

Rapor Merah Kaum Adam

Menurut studi, sebanyak 22 persen pengemudi laki-laki lebih sering pakai smartphone sambil nyetir, dan 74 persen lebih mungkin mencoba mengemudi dengan cara unik tapi gak wajar semisal menahan kemudi pakai lutut. Terutama buat pengendara sepeda motor.

Selain itu, 70 persen kaum adam lebih mungkin menonton video dari balik kemudi dan 26 persen mengaku sering terpecah konsentrasinya saat memperhatikan pejalan kaki.

Bukti Lain

Studi baru yang dihelat perusahaan Smith’s Lawyers itu bukan yang pertama mengungkap kredibiltas pengendara berdasarkan jenis kelamin.

Tahun 2018 silam, situs perbandingan harga Confused.com juga pernah menyentil kaum adam yang hobi mengkritik pengemudi perempuan lewat data stastistik penelitian.

Menurut data tersebut, meskipun perempuan butuh waktu sedikit lebih lama untuk belajar mengemudi dan kelihatan gak andal saat menunggangi kendaraannya, kaum Hawa justru menduduki metrik teratas untuk  statistik asuransi, kriminal, dan tes mengemudi.

Baca juga

Peneliti menemukan, pengemudi laki-laki cenderung memiliki kebiasaan mengemudi yang buruk dan seenaknya di jalan. Misal, 23 persen laki-laki tidak memberi sein kendaraan saat berganti jalur dibanding 17 persen pengemudi perempuan.

Lalu, laki-laki ditemukan 4 kali lipat lebih mungkin melakukan pelanggaran hukum di jalan  dibanding pengemudi perempuan.

Gambarannya, 5:1 untuk mengemudi sambil minum alkohol, 4:1 untuk ngebut di jalan, dan 2:1 untuk berkendara tanpa surat-surat lengkap, termasuk pajak maupun asuransi.

Terakhir, lebih banyak perempuan yang ikut tes mengemudi legal, lebih sedikit laki-laki yang lulus tes mengemudi, dan lebih banyak laki-laki yang membuat SIM dengan cara nembak. (oya/man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan