Design trends, Kustom, Motor, Tips, Uncategorized

Mau Nyobain Modifikasi Krom Motor? Ketahui Ini Dulu

modifikasi krom motor

Modifikasi motor pakai lapisan krom bisa mendongkrak penampilan jadi kelihatan lebih glossy, mewah dan elegan.

Tren ini juga gak membosankan dan karenanya jadi salah satu yang gak mudah tergerus zaman, meskipun aliran modifikasi lainnya makin beragam.

Namun, sebelum Kawan Parjo menjajal modifikasi krom, sebaiknya ketahui ini dulu.

Banyak Pilihan Pengaplikasian

Mengaplikasikan lapisan krom di motor, pilihannya bisa di part behel, footstep, standar, hingga knalpot. Pengaplikasian di bagian-bagian ini biasanya berfungsi sebagai pemanis untuk motor-motor matik.

Namun, ada juga yang mengaplikasikan krom secara penuh di area kaki-kaki semisal di lengan ayun, blok mesin, spatbor, dan tabung sok. Ini terutama untuk motor-motor naked sport macam RX-King atau Honda CB gen lawas.

Untuk pewarnaan pun bisa meliputi pilihan hard chrome, black chrome, dan gold plate. Tergantung jasa pengerjaan yang ditawarkan.

Hard chrome lazimnya memiliki kualitas krom paling kuat lantaran digunakan untuk komponen yang bekerja berat dan sifatnya hidrolik seperti as shock breaker atau power steering. 

Sementara Black chrome biasa dipakai untuk moge atau pelek mobil, dan gold plate seperti namanya. Pakai lapisan emas muda yang dilebur.

Baca juga

Dua Teknik Krom

Ada dua metode melapis motor dengan krom, yaitu teknik celup dan semprot.

Teknik semprot penerapannya mirip-mirip proses air brush, tapi butuh waktu lebih lama agar kering alami dan dilakukan berulang kali supaya gak gampang luntur.

Sementara teknik celup melibatkan lebih banyak peralatan seperti campuran cairan kimia dan trafo peghantar listrik, tapi sebenarnya lebih simple.

Jika ingin hasil krom celup maksimal, tegangan listrik  tinggal dibikin tinggi. Setelahnya cukup tunggu beberapa jam, angkat, dan langsung bisa dipoles.

Teknik yang Tepat

Teknik semprot biasanya diaplikasikan pada part motor dari bahan plastik karena gak bisa menghantarkan listrik. Sebaliknya, teknik celup cuma bisa diaplikasikan pada part besi dan logam.

Meski begitu, agar lebih awet krom sebaiknya dipakai melapisi material besi atau logam. Melapis material plastik dengan krom semisal di cover radiator tidak direkomendasikan karena tidak bisa menempel lama, dan warnanya cenderung cepat pudar.  

Prosesnya Lama

Secara menyeluruh, modifikasi krom motor memakan waktu lama. Paling cepat bisa seharian sampai proses pelapisan tuntas.

Itu belum termasuk bengkel-bengkel kustom krom yang biasanya cuma menerima part copotan. Alhasil, selain harus mencopot part asli, part yang sudah dicopot mesti dipasang sendiri.

Baca juga

Biaya Variatif

Soal biaya bervariasi, tapi bisa disesuaikan dengan budget. Rentang harganya mulai dari Rp25-250 ribu. Ada pula yang mencapai jutaan rupiah.

Bagian printilan biasanya paling murah karena waktu pengerjaannya juga cepat, hanya sekitar 2 jam. Beda halnya untuk area kaki-kaki yang bisa mencapai jutaan.

Yang jelas, besaran tarif modifiksi krom motor tergantung bahan baku, dimensi komponen dan jenis motor, serta tingkat kesulitan pengerjaan.

Misal, biaya krom Harley untuk satu pieces ring standar saja bisa sangat mahal mencapai jutaan lantaran prosesnya lebih ribet dan rata-rata makan waktu sampai 6 jam.

Apalagi jika menerapkan gold plating yang harganya bisa mencapai lima kali lipat harga krom biasa. (oya/man)

Related Posts

Leave a Reply