Design trends, Kustom, Motor

Ketika Royal Enfield Himalayan Dimodif Ala Metropolitan

Kawan Parjo pernah ngebayangin gak sih, apa jadinya jika motor petualang Royal Enfield Himalayan dimodifikasi ala kerasnya jalanan metropolitan?

Boleh jadi, dua kata paling tepat untuk menggambarkannya adalah lincah tapi tangguh.

Modifikasi ini bukan cuma mimpi. Tapi sudah diwujudkan tangan emas Julian Palapa beserta tiga rekannya.

Mereka bukan builder motor kawakan, melainkan para arsitek asal Jakarta yang lebih akrab dengan rancang bangunan.

Namun hasilnya, adalah kustom motor jempolan yang tampak maskulin bernama 02View (baca: second view).

“Saya menerapkan filosofi desain rancang bangunan yang fungsional. Proposal desainnya pun terkesan bergaya ala firma arsitektur. Bukan anak motor,” ujar Julian dalam rilis yang diterima Parjo.id, Minggu (6/10/2019).

Baca Juga

Sempat Ragu

Lelaki 43 tahun yang juga anggota Royal Riders Indonesia ini berkisah, sejak awal ia memang memiliki ambisi mengubah Royal Enfield Himalayan sebagai motor dengan karakter petualang tangguh, menjadi lebih lincah ketika dipakai menerabas kawasan urban.

Namun, ia juga mengaku sempat ragu dan berkecil hati ketika mengetahui saingannya di kompetisi RE-Build ternyata diisi deretan builder papan atas.

RE-Build adalah kompetisi modifikasi Royal Enfield yang dihelat PT Distributor Motor Indonesia (DMI) selaku dealer resmi RE.

Namun, ketetapan hati dan keberaniannya mencoba justru membawa Julian dan Tim merampungkan konsep modifikasi baru yang berbeda dari lainnya.

Desain Khas Arsitektur

Untuk desain, tiap bagian yang bakal dimodifikasi digambarkan secara detail layaknya merencanakan bangunan.  

Uniknya lagi, Julian menyertakan 3 variabel penting khas arsitektur. Yakni firmitas atau struktur rancang bangun, lalu utilitas atau fungsi bangunan, dan terakhir adalah venustas atau estetika.

Julian mengaku terinspirasi desain tracker tahun 70an ala ala motor adventure, tapi dengan parts modern yang mampu menunjang mobilitas harian pengendaranya dalam menerabas padatnya jalan.

Ia juga netral soal style desain demi menghindari hasil karyanya terkotak pada gaya tertentu sehingga bisa tetap relevan dalam keadaan apa pun. “Yang penting beauty follows function. Itu resep saya ketika membangun motor,” beber Julian.

Tak dinyana rencana desainnya lolos, dan Julian ditantang menyelesaikan konsep tersebut hanya dalam waktu 7 bulan oleh para juri DMI.

Banyak Jatuh Bangun

Proses pengerjaan 02View nyatanya tak semudah corat-coret di atas kertas. Julian mesti mengganti dan mencetak ulang beberapa part.

Sekaligus mempertimbangkan banyak hal terutama kenyaman dan keselamatan berkendara.

Ia juga mengadakan polling di media soial Instagram dan facebook, serta aplikasi peperpesanan WhatsApp demi memuaskan keinginan rider.

Tampil Beda, Unik, dan Aman

Hasilnya sesuai namanya. 02View melambangkan sudut pandang kedua yang berbeda dalam mengembangkan konsep motor Royal Enfield Himalayan Metropolitan.

Untuk Shock depan Showa sengaja dipasangi segitiga atau triple tree baru ciptaan sendiri agar lebih aman.

Shock depan ini ditunjang sistem pengereman double disc dengan 8 piston dari Nissin Radial.

Lalu pelek belakang dicetak ulang berbahan dasar aluminium. Pelek versi baru itu dibikin unik dengan disempali secondary skin atau dop berbahan galvalum.

Unik karena galvalum biasanya dipakai membuat kanopi mengingat fungsi utamanya melindungi bagian bangunan dari hujan atau sinar matahari.

Meski begitu, galvalum memang terbukti lebih awet dan tahan lama dibanding bahan lainnya.Pun lebih tahan karat ataupun kerusakan akibat perubahan cuaca dan kelembapan.

Untuk visual, 02View didominasi striping kuning disertai warna putih dan hitam sebagaimana hasil polling terbanyak.

Baca juga

Spek Gahar Nan Lincah

Tak hanya itu, dimensi motor sebagian besar juga berubah.

Tinggi awal dari tanah ke jok pengemudi menyusut, dari 800mm menjadi 760 mm. Panjang motor pun berkurang, dari 2190 mm menjadi 2110 mm.

Tujuannya jelas, agar pengendara tidak mengalami kesulitan berpijak ke tanah dan akhirnya menunjang kelincahan berkendara.

royal enfield himalayan

“Kehadiran 02View bukan untuk berkompetisi. Saya hanya menyajikan sisi pandang baru yang personal dari profesi seorang arsitek, dalam memodifikasi motor,” tutup Julian.

Berikut detail spesifikasi 02View :

  • Shock depan : Showa type SFF
  • Wheels Base : 148 cm
  • Panjang motor : 211 cm
  • Tinggi jok/seat : 76 cm
  • Ground clearance : 19 cm
  • Handle bar : Protaper Evo Panjang 84 cm
  • Velg depan : 18 inch 300
  • Velg belakang : 18 inch 350
  • Ban depan : Shinko E805 – 120/90/18B
  • Ban belakang : Shinko E805 – 150/70/18
  • Rem depan : Double disc brake 8 piston Nissin Radial
  • Rem belakang : Brembo 2 piston with selang hel
  • Headlamp : Daymaker 5 inch
  • Handgrip : Vans moto
  • Shock breker belakang : Ohlins (oya/man)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *