Decoration, Event, Furniture, Kustom, Liputan Khusus, News, Tips

Parjo x Hospitality Indonesia 2019; Mengubah Sampah Jadi Interior Mewah

Ada satu topik yang bakal hadir di Hospitality Indonesia 2019, yakni pembahasan tentang sampah. Bukan sekadar membicarakan sampah, tapi bagaimana cara membuat sampah menjadi interior mewah yang menghasilkan rupiah.

Tepatnya pada Sabtu, 26 Oktober 2019, jam 1 siang hingga 3 sore, di booth Parjo yang bertempat di hall A3, akan ada workshop entrepreneur bersama Thomas Balducci, seorang kreator yang telah menjalani bisnis sampah menjadi beragam interior mewah.

Thomas merupakan sarjana yang pada disiplin ilmunya tak ada hubungannya dengan bisnis. Apalagi bisnis tentang sampah.

Meski begitu, saat ini ia lebih dikenal sebagai barista atau peracik kopi, pesulap/magician, dan yang terakhir juga dikenal dengan menekuni bisnis interior berbahan baku sampah.

Yang terakhir tak main main Kawan Parjo, dari bisnis kreatifnya itu, beberapa klien Thomas merupakan kolektor, pejabat negara, hingga Sutradara.

Sebut saja nama Budi Gunawan (Kepala Badan Intelijen Negara/BIN), atau Joko Anwar (Sutradara).

Baca juga

Mengapa Sampah?

Pertanyaan yang sama pernah kami tanyakan Kawan, kenapa Thomas begitu tertarik dengan bisnis yang saat ini yang tengah dijalaninya.

Dalam perbincangan dengan kami beberapa waktu lalu di sebuah tempat ngopi di kawasan Jakarta Selatan, Thomas mengaku mendapat ide ketika melihat tumpukan sampah.

Ide itu kemudian ia terapkan dengan sebuah karya. Tentunya untuk mendapatkan ide kreatifnya itu, Thomas bersama saudaranya, Emil, juga melintasi proses yang gak sebentar.

Macam-macam karya mereka, mulai dari meja yang dibuat dari sampah besi tua, jari-jari sepeda, bahkan hingga sampah motor yang tak terpakai. Mereka menyebut karya mereka ini sebagai ”Kakak adik konsep”.

Lain itu, mereka juga mampu menyulap sampah elektronik berbahan dasar plastik menjadi pajangan yang memiliki nilai seni tinggi.

Nah, biar rasa penasaran Kawan Parjo semakin terjawab, langsung saja datang dan lihat karya Kakak Adik Konsep di booth Parjo x Hospitality Indonesia yang berlangsung di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, 23-26 Oktober 2019.

Baca juga

Sampah dan Indonesia

Soal sampah, Indonesia memang tak luput dari pembahasan yang satu ini. Isu yang paling hangat adalah soal impor sampah dari luar negeri

Seperti ditulis Beritagar.id, Indonesia merupakan satu dari sedikit negara di selatan Asia yang menjadi lokasi negara-negara barat untuk membuang sampah kertas dan plastik.

Pada kurun 2018, negara yang paling rajin buang sampah ke Indonesia adalah Kepulauan Marshall dan AS, yang jika dirupiahkan nilainya gak main-main.

Menurut Prigi Arisandi, Direktur Eksekutif Ecoton (lembaga kajian ekologi dan konservasi lahan basah), Indonesia tidak sendirian. Masih ada pula negara tetangga yang juga menjadi ”tempat sampah” kertas dan plastik dari negara-negara maju.

Tapi bukan warga negara +62 namanya kalau tak bisa menyiasati sampah jadi barang mewah yang bahkan bisa menjadi produk unik dengan nilai rupiah yang tak main-main. (man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan