Mobil, Motor, News

Operasi Zebra 2019 Targetkan Tilang Penunggak Pajak dan STNK

Bagi Kawan parjo yang saat ini masih telat membayar pajak kendaraan atau lupa memperpanjang STNK, baiknya segera selesaikan di samsat terdekat.

Pasalnya, mulai pekan depan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar Operasi Zebra 2019 yang bakal digelar secara nasional, tepatnya mulai tanggal 23 Oktober hingga 5 November 2019.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kondisi lalu lintas yang aman dan nyaman hingga akhir tahun mendatang.

Tentunya akan banyak sekali tindakan yang bakal dilakukan terkait pemilik kendaraan yang bai dengen kelengkapan surat-surat maupun penyelesaian administrasi kendaraan.

Hal itu mengacu pada Undang-undang No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). 

Kebag Operasional Korlantas Polri, Kombes Pol Benjamin, mengatakan bahwa Operasi Zebra dilakukan setiap tahun dengan fokus penindakan yang berbeda-beda, tetapi tujuannya sama untuk menciptakan kondisi yang aman dan nyaman.

Baca juga

Sasaran Tilang

Sasaran utama pada operasi ini adalah administrasi kendaraan bermotor maupun surat pengemudi kendaraan bermotor, seperti Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK), hingga Surat Izin Mengemudi (SIM).

Melihat operasi serupa yang digelar tahun lalu, sasaran penindakan adalah pelanggaran lalu lintas yang berpotensi fatalitas lakalantas (kecelakaan lalu lintas). Umumnya terfokus pada pengendara yang melawan arus arah.

Baca juga

Catatan Tahun Lalu

Pada 2018, selama 13 hari pelaksanaan tercatat sebanyak 16.285 pengendara yang terjaring operasi ini, di antaranya 6.167 kasus yang berhenti dan parkir sembarangan.

Kemudian 4.313 kasus pelanggaran marka, 3.056 kasus pengendara tak dilengkapi surat jalan, 2.173 kasus kelebihan muatan, hingga 2.066 kasus terkait sabuk pengaman.

Nah buat Kawan Parjo yang kebetulan berada di Provinsi Banten, sudah waktunya melakukan pelunasan administrasi kendaraan, mumpung gratis denda hingga 31 Oktober 2019. (man)

Related Posts

Tinggalkan Balasan