Aftermarket, Mobil, News, Tips

Begini Cara Mencegah Mobil Terbakar

mobil terbakar

Bercermin dari insiden mobil terbakar yang marak terjadi belakangan ini dan sampai menimbulkan korban, tentu ada cara mencegah mobil terbakar.

Sabtu (19/10/2019),  supercar Lamborghini Aventador Roadster milik selebritas Raffi Ahmad hangus terbakar di area Sentul, Jawa Barat, diduga karena mesin mengalami overheat alias kepanasan.

Di hari yang sama, pengemudi mobil Kijang di Madiun bahkan sampai mengalami luka bakar lantaran mobilnya kebakaran saat hendak mengisi BBM.

Baca juga

Bawa Selalu Pemadam

Penggiat keselamatan berkendara Rifat Sungkar, menyarankan selalu membawa alat pemadam kebakaran (Apar) sebagai cara pertama mencegah mobil terbakar paling andal.

Menurut Rifat, kenyataan sejauh ini menunjukkan mobil tua dan mobil sport memang gampang overheat, dan mobil modifikasi pasti berisiko di sistem kelistrikan

Jangan Sembarangan Modifikasi

Modifikasi yang paling sering memicu kebakaran biasanya berasal dari sistem kelistrikan terutama untuk penggantian lampu-lampu yang sembarangan.

Maka itu, Kawan Parjo yang berniat mengganti lampu bawaan dengan produk aftermarket baiknya memastikan speknya sesuai dengan bohlam aslinya supaya lampu gak gampang panas, meleleh dan akhirnya terbakar.

Selain itu, cek juga seberapa besar arus listrik yang mengalir ke bohlam dan pastikan gak melebihi kapasitas.

Supaya lampu dan sistem kelistrikan lain lebih aman dari kebakaran, gunakan kabel berdiameter besar, serta fuse dan relay. Fuse berfungsi memutuskan rangkaian ketika terjadi lonjakan arus, dan relay bisa mencegah panas berlebih akibat arus besar.

Rajin Cek Kap Mesin

Rajin mengecek kap mesin penting untuk memastikan gak ada kabel yang terkelupas atau putus. Pun sekadar merapikan sekaligus mengencangkan kabel-kabel terutama kabel aki dan starter untuk memperkecil risiko pemanasan suhu maupun korsleting.

Ketidaksengajaan seperti kabel rusak gara-gara tikus, atau isolasi kabel sambungan lepas, bisa bikin kawat tembaga menyentuh blok mesin atau komponen mobil yang berbahan logam sehingga akhirnya kebakaran. Begitu pula jika kabel kendor. (oya/man)

Baca juga

Cek Selang Bensin

Selain perkabelan, cek juga selang bensin. Selang bensin umumnya terbuat dari bahan mika yang ringan sehingga rentan  terhadap tumbukan benda keras.

Maka itu, selain memastikan selang bensin gak pecah untuk mencegah bensin bocor, pastikan juga sambungan selang dengan filter atau pipa saluran ke mesin terpasang kencang.

Cek Bagian Bawah Mobil

Pastikan komponen catalytic converter di bagian bawah mobil dilengkapi pelindung panas. Pun jika tidak, pastikan saja posisinya berjauhan dengan karpet peredam atau komponen lain yang gampang terbakar.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *