Mobil, News

Lamborghini Raffi Ahmad Hangus Terbakar, Apa Sebabnya?

Aktor Raffi Ahmad nampaknya harus ikhlas melihat Lamborghini Aventador Roadster koleksi supercarnya terbakar di area Sentul, Jawa Barat, Sabtu (19/10/2019).

Supercar modifikasi bertema Batman itu mengalami kerusakan cukup serius ketika menuju ke Tol Jagorawi. Untungnya, tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Ketika ditanyakan penyebab terbakarnya mobil seharga milyaran tersebut, Bos Prestige Motor Cars, Rudy Salim, mengatakan bahwa pihaknya tengah melakukan pengecekan terkait terbakarnya mobil cowok yang juga memiliki banyak koleksi motor itu.

Meski begitu, beberapa penyebab umum mobil terbakar sudah bisa diprediksi, seperti yang dijelaskan beberapa mekanik berikut ini.

Baca juga

Rusaknya Sistem Kelistrikan

Wiewie Rianto, mekanik R Speed pernah menjelaskan bahwa pada bagian tertentu pada mobil ada beberapa komponen yang terus aktif meski mobil dalam kondisi mati sekalipun. Yakni alternator (dynamo ampere), dynamo starter, dan pada area sekring.

Ia juga mengatakan bahwa ketika melakukan modifikasi kendaraan dan menyentuh beberapa area sensitif kelistrikan, juga berpotensi mengganggu arus listrik yang akan mengakibatkan kebakaran mobil.

Umumnya pemilik mobil, lanjut Wiewie, memodifikasi area kelistrikan untuk sektor audio, lampu HID, atau lampu DRL.

Jika masih dalam kondisi orisinal atau bawaan pabrik, Wiewie ragu jika sebuah mobil bisa tiba-tiba terbakar.

Sementara, Riecky Patrayudha, Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), dalam sebuah wawancara pernah menjelaskan terkait permaalahan ini.

Ia mengatakan bahwa faktor-faktor yang paling mungkin menjadi penyebab kebakaran mobil adalah adalah penambahan daya tanpa mempertimbangkan beban pada komponen lain.

Lain itu, pemasangan komponen tambahan yang sembrono, serta beberapa permasalahan lainnya.

Baca juga

Bisa Disebabkan Kapasitor

Potensi penyebab kebakaran mobil lainnya menurut Jurnalis Otomotif senior, Dhany Ekasaputra, adalah kapasitor. Yakni alat penyimpan daya listrik pada mobil.

Komponen kapasitor berfungsi untuk mengambil dan mengeluarkan daya listrik secara cepat. Hal itu membuat perangkat ini lazim digunakan untuk mendukung sistem audio subwoofer pada mobil.

Nah, efek korsleting pada kapasitor, bisa lebih parah ketimbang pada aki. Namun, jarang sekali mobil standar pabrik yang sudah dilengkapi komponen kapasitor. (man)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *