Mobil, News

Mengenal Sedan Mewah Para Menteri Kabinet 2019-2024

Adalah Toyota Crown 2.5 HV G-Executive yang bakal digunakan oleh para menteri kabinet dan pejabat setara menteri era Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin periode 2019-2024.

Untuk ketersediaan kendaraan ini, pihak Toyota Astra Motor (TAM) sudah mengirimkan mobil ini sebanyak 101 unit kepada pemerintah sejak pekan silam.

Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy, mengatakan proses serah terima mobil ini sudah dilakukan Toyota melalui diler Auto2000.

Mobil ini masuk, setelah PT Astra International Tbk-TSO memenangkan tender untuk menyediakan mobil dinas pejabat negara beberapa waktu lalu.

Baca juga

Spesifikasi Mumpuni

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive adalah varian dari Crown yang merupakan mobil hybrid (HV – Hybrid Vehicle).

Sedan ini dibekali mesin 2.5L Dynamic Force Engine Hybrid System. Tenaganya diklaim mencapai 223 HP dengan torsi 221 Nm. Sementara konsumsi bahan bakarnya mampu mencapai 19,4 km/liter.

Soal transmisi, sedan berdimensi panjang 4,9 meter, lebar 1,8 meter, dan tinggi 1,45 meter ini menggunakan CVT dan sistem penggerak all wheel drive. Sementara, jarak sumbu rodanya 2,92 meter.

Masuk ke interior kabin, pada dasbor ada dua layar berukuran 8 inci dan 7 inci untuk Data Communication Module yang menjadi sentral untuk mengatur beragam fitur di mobil.

Secara umum, interior kabin didekorasi dengan aksen kayu untuk menambah kesan elegan, serta jok dengan bahan kulit terbaik.

Baca juga

Fitur Keamanan Paling Komplit

Untuk fitur keselamatan, Toyota menerapkan rangkaian fitur, seperti Toyota Safety Sense II yang meliputi fitur Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracking Assist (LTA), Automatic High Beam, Adaptive High Beam System.

Ada juga fitur Road Sign Assist, Intelligent Clearance Sonar, dan Rear Cross Traffic Auto Brake. Untuk pertama kalinya, Toyota juga mengadopsi fitur Rear Pedestrian Support Brake.

Bicara soal harga, di Jepang mobil ini dibanderol 5.837,400 Yen atau setara dengan Rp 778 jutaan.

Di Indonesia, Crown 2.5 HV G-Executive memang tidak dijual bebas. Toyota Astra Motor (TAM) sebagai pemegang merek Toyota tidak  menampilkan sedan ini pada line-up model yang dipasarkan secara resmi. (man)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *