Motor, News, Tips

Modus Baru, Gasak Motor Pakai Kunci Magnet

shutter key

Aksi curanmor kini makin gesit. Salah satu yang jadi incaran adalah motor matik terutama yang populer macam Honda Beat. Namun, polisi rupanya berhasil mengungkap modus baru pencurian pakai kunci magnet. Seperti apa?

Minggu (6/10/2019) silam, pencuri motor di Mojokerto cuma butuh waktu 15 detik untuk menggondol Honda Vario dari rumah warga yang pagarnya terbuka.

Lalu dalam beberapa kasus viral sepanjang Oktober, motor Honda Beat kerap jadi santapan para pelaku curanmor.

Dua pencurian terbaru adalah Beat milik driver ojol bernama Hendar di Kalibata Jakarta, dan milik warga Kabupaten Bandung  bernama Dery Harianto pada Kamis (18/7) malam.

Baca juga

Padahal, rata-rata Beat keluaran baru sudah dilengkapi pengaman kunci bernama Secure Key Shutter.

Pengaman berupa penutup lubang anak kunci dengan sistem magnetik ini mestinya sulit dibobol maling saat menggasak motor pakai kunci T dan sejenisnya.

Namun, yang namanya pencuri pasti ada saja akal bulusnya.

Modus Baru Kunci Ajaib

kunci ajaib magnetik
penampakan kunci “ajaib” magnetik pembobol motor

Dari pengusutan polisi lewat pencarian motor Dery, terungkap bahwa maling motor masa kini ternyata punya kunci ajaib berbentuk unik yang bisa masuk ke lubang penutup kunci motor jenis apapun. Bahkan untuk membuka penutup kunci magnetik.

“Ini modus baru menggunakan magnet (kunci magnet) sehingga tutup dari kunci motor tersebut tidak rusak,” kata Kapolsek Ibun, Iptu Carsono.

Kunci magnet ini berukuran kecil. Bentuknya sederhana dan gak mencurigakan, mirip-mirip laser mainan anak-anak.

Kedua ujungnya dimodifikasi menyerupai kunci untuk membuka tutup kunci yang terbuat dari magnet.

Menurut pengakuan pencuri motor Dery setelah tertangkap, kunci magnet tersebut dibelinya dari seseorang seharga Rp300 ribu. Polisi pun masih mengembangkan siapa penjual dan pembuat kunci ajaib itu.

Tips Aman Terhindar dari Curanmor

Nah, mengingat modus pencurian baru terus merajalela, Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, mengatakan pencegahan terbaik untuk curanmor setidaknya adalah dengan menghambat kinerja pelaku saat akan mencuri.

Salah satu yang paling mudah dan aman yaitu dengan mengunci setang ke arah kanan.

“Prinsipnya kunci setang mau ke kanan atau ke kiri ya bebas saja ya, cuma kalau menghadap kanan memang lebih susah dibobol,” ujar Endro.

Ia menjelaskan, saat kunci setang ke arah kanan, lubang kunci akan tertutup otomatis dengan setang. Ini membuat waktu pembobolan kunci jadi lebih lama dibanding ketika setang dikunci ke kiri.

“Untuk motor matik atau cub (bebek) itu posisi kuncinya kan di bawah setang (sebelah kanan), sehingga saat dikunci posisi ke kanan, menutup keleluasaan orang untuk mencungkil bagian kuncinya,” jelas Endro.

Baca juga

Agar lebih aman, General Manager Corporate Communication AHM di AHTC, Sunter, Ahmad Muhibbuddin mengingatkan, selain mengandalkan fitur keamanan bawaan motor semata, selalu waspada serta berhati-hati saat memarkir motor dan melengkapi motor dengan keamanan tambahan juga penting.

Misalnya menggunakan kunci ganda dengan menggembok area piringan cakram atau rantai untuk motor, hingga pakai secret key.

Muhib juga menekankan bahwa semua motor berpotensi dicuri, terlebih gak semua motor pakai fitur keyless karena harganya pasti lebih mahal dan belum tentu cocok di pasaran. (oya/man)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *